Pendidikan

IPB Ajak Masyarakat Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

Bima dan anak berkebutuhan khuus

BOGOR-KITA.com – Lewat IPB's Dedication for Education (IDEA), Institut Pertanian Bogor (IPB) mengagendakan Talkshow Pendidikan, Kita, & ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), di Kampus IPB Dramaga, Minggu (10/5/2015).

cara yang menghadirkan narasumber Walikota Bogor Bima Arya ini dirangkai Simulasi Belajar Bahasa Isyarat. Turut mengisi acara sebagai narasumber adalah Ketua Yayasan Nurani Dunia, Imam B. Prasodjo, Ketua Himpunan Disabilitas Indonesia, Hasan Basri, dan pengajar bahasa isyarat dari Komunitas Youth for Difable, Phieter Angdika. Acara iramaikan pameran hasil karya Himpunan Disabilitas Indonesia (HDI) Bogor dan berbagai stand komunitas pendidikan serta bazar makanan.

Dalam paparannya Bima Arya mengatakan, terkait ABK pada intinya Pemkot Bogor punya tangung jawab, seperti memberikan akses pendidikan. "Pemkot punya kewajiban menyelenggarakan pendidikan inklusif, yaitu sekolah umum yang membuka ruang dan kesempatan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus," ujarnya.

Baca juga  Bima Arya Pimpin Pembongkaran 18 Lapak Miras Oplosan

Di tingkat Jawa Barat sendiri, lanjut Bima, perkembangan sekolah inklusif di Kota Bogor sudah cukup banyak dibanding kota-kota lain. Pemerintah sendiri, ungkap Bima, memiliki tanggung jawab untuk mendirikan pelayanan satu atap bagi ABK seperti TK, SD, dan SMP Luar Biasa. "Tetapi sekolah luar biasa sesungguhnya berdasarkan aturan berada dalam teritori provinsi," jelasnya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara IDEA 2015, Mohamad Insan Kamil mengatakan, sesuai undang-undang, semua anak bangsa harus ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. "Dan anak-anak disabilitas ini adalah bagian dari anak bangsa itu," ujarnya.

Kamil berharap anak-anak berkebutuan khusus ini tidak patah semangat dan paham bahwa mereka tidak sendirian. "Kami mengajak masyarakat untuk terlibat memberikan kontribusi, bahwa masalah pendidikan ini adalah masalah kita bersama, jadi kita mengundang para komunitas untuk hadir dan peduli terhadap kalangan anak-anak berkebutuhan khusus," pungkasnya. [] Admin

Baca juga  Ridwan Kamil Lantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor Periode 2019-2024
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!