Kab. Bogor

Inovasi Kabin Kuriling Puskesmas Cigudeg, Upaya Pengendalian dan Penyuluhan tentang Penyakit Tidak Menular

BOGOR-KITA.com, CIGUDEG – Insiden dan prevalensi penyakit tidak menular (PTM) diperkirakan terjadi peningkatan secara cepat pada abad ke-21. Ini merupakan tantangan utama masalah kesehatan di masa yang akan datang. Salah satu PTM yang menjadi masalah kesehatan yang sangat serius saat ini adalah hipertensi (World Health Organization (WHO).

Pada awal perjalanan PTM seringkali tidak bergejala dan tidak menunjukkan tanda klinis secara khusus sehingga saat diketahui penyakitnya sudah terlambat atau pada stadium lanjut akibat tidak mengetahui dan menyadari kondisi kelainan yang terjadi pada dirinya. Pengendalian faktor risiko PTM merupakan upaya untuk mencegah agar tidak terjadi faktor risiko bagi yang belum memiliki faktor risiko, mengembalikan kondisi faktor risiko PTM menjadi normal kembali.

Salah satu strategi pengendalian PTM yang efisien dan efektif adalah pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat khususnya kader kesehatan. Kader kesehatan ini yang selanjutnya disebut kader Posbindu diberikan fasilitas dan bimbingan untuk ikut berpartisipasi dalam pengendalian faktor risiko PTM dengan dibekali pengetahuan dan ketrampilan untuk melakukan deteksi dini , monitoring faktor risiko PTM serta tindak lanjutnya. Posbindu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Masyarakat ( UKM ) yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular ( PTM ) dengan melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan serta penilaian. Masyarakat dilibatkan sebagai agen perubahan sekaligus sumber daya yang menggerakkan Posbindu sebagai Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat ( UKBM ), yang diselenggarakan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat.

“Kader Posbindu adalah garda terdepan menjadi agen perubahan dalam pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular ( PTM ) di lingkungan masyarakat. Dengan adanya Inovasi “ Kabin Kuriling “ ini diharapkan dapat meningkatkan sikap mawas diri masyarakat terhadap faktor resiko PTM sehingga peningkatan kasus PTM dapat dicegah,” ujar dr. Muhammad Arvid Suhada Kepala Puskesmas Cigudeg.

Kabin Kuriling merupakan singkatan dari Kader Posbindu Keliling yang mempunya kegiatan, Pengukuran Tekanan Darah, Pemeriksaan Antropometri: BB, TB dan Lingkar Perut serta Pemeriksaan Gula dan Kolesterol darah. []

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top