Kab. Bogor

Gunung Mas Puncak Banjir Bandang, Bendung Katulampa Siaga 4

Bendung Katulampa

BOGOR-KITA.com, BOGOR –  Perumahan pegawai PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Gunung Mas Kampung Gunung Mas RT 02 RW 02 Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dilanda banjir bandang, Selasa (19/1/2021).

Banjir bandang terjadi akibat luapan hulu Sungai Ciliwung yaitu Sungai Cisampay.

Bagaimana dengan kondisi bendung Katulampa Kota Bogor yang dialiri Sungai Ciliwung?

Kondisinya siaga empat.

Koordinator Ciliwung dan Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman mengatakan, meski saat ini tinggi permukaan air masih 80 centimeter (CM) atau dalam kondisi siaga 4, namun pihaknya terus mengawasi dan mewaspadai adanya intensitas curah hujan terutama di beberapa daerah hulu sungai, seperti di Kecamatan Cisarua dan sekitarnya.

Baca juga  Dedie Rachim Harap NU Terus Kawal Pluralisme di Kota Bogor

“Saat ini hujan turun merata dengan intensitas ringan dan sedang. Kami terus memonitoring curah hujan terutama di daerah hulu,” ungkap Andi Sudirman, Selasa (19/1/2021).

Ia menjelaskan, di pintu air Bendung Katulampa akan selalu terpantau seberapa besar volume dan tinggi air. Adanya alat ukur ketinggian air ini, lanjut Andi Sudirman, berguna untuk memberikan informasi terkait situasi dan kondisi volume air serta upaya kesiap siagaan dan mitigasi bencana bagi warga masyatakat maupun untuk adanya koordinasi antar aparat pemangku kebijakan soal penanggulangan bencana.

“Jadi kalau siaga 4 itu warna hijau, tinggi air 80 cm, siaga 3 warna biru tinggi air 150 cm, siaga 2 warna kuning 200 cm dan siaga 1 warna merah di atas 200 cm,” ungkapnya. [] Fahry

Baca juga  Fenomena La Nina, Antara Berkah dan Musibah
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top