Deklarasi Gerakan Tanpa Kantong Plastik di FH Unpak

Fakultas Hukum Unpak Deklarasi Gerakan Tanpa Kantong Plastik

BOGOR-KITA.com – Bila di masa lalu, penerimaan mahasiswa baru sering dicoreng oleh bullying dan semi kekerasan. Di era millennial hal itu sudah tidak laku. Mahasiswa sebagai agen perubahan sosial harus progresif. Menjadi teladan bagi publik. Konsep ini yang diukir oleh Fakultas Hukum Universitas Pakuan (FH Unpak) dengan mahasiswa barunya—salah satunya—melalui Deklarasi Gerakan Tanpa Kantong Plastik di lingkungan kampus (7/9/2019). Deklarasi ini dilakukan di Aula Soepomo Lantai II Gedung Hukum Unpak. Deklarasi merupakan penanda komitmen kampus mendukung gerakan Bogor Tanpa Kantong Plastik yang diinisiasi Pemkot Bogor.

Setidaknya, sebanyak 300 lebih mahasiswa baru melebur bersama pimpinan, dosen dan civitas academika FH Unpak. Larut dalam Deklarasi Tanpa Kantong Plastik yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Bogor Dedi Ahmad Rachim dan disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Elia Buntang. Wakil Walikota sangat mengapresiasi, warga kampus hukum Unpak yang majemuk. Mencerminkan mulai dari Aceh sampai Papua. Memiliki komitmen dan kesadaran turut berkontribusi membebaskan Kota Bogor dari sampah plastik. Sampah yang tidak mudah didaur ulang. Hal ini selaras dengan Perwali Nomor 61 Tahun 2018 tentang Bogor Tanpa Kantong Plastik.

Sebagai bentuk perwujudan deklarasi, mahasiswa baru FH Unpak tidak lagi menggunakan  botol minuman plastik selama mengikuti orientasi kehidupan kampus. Melainkan masing-masing  membawa botol minuman yang dapat diisi ulang di tempat kegiatan.

Dekan Fakultas Hukum Unpak, R. Muhammad Mihradi menguraikan, gerakan tanpa kantong plastik merupakan wujud nyata keprihatinan timbunan limbah plastik. Baginya, perlu ada gerakan moral—meski mungkin terbatas dan embrional—yang konkrit, agar minimalisasi produksi sampah plastik bisa terealisasi. Caranya, di mulai dari kampus yang memiliki paradigma untuk membangun ekologi tanpa kantong plastik. Bahkan, rencananya akan bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup agar komunitas kampus dapat memiliki pengetahuan pengolahan sampah, membuat bank sampah dan mereduksi ancaman limbah plastik.

Deklarasi Gerakan Kampus Tanpa Kantong Plastik merupakan rangkaian penutup dari Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di FH Unpak yang bermateri muatan positif seperti anti radikalisme, inovasi pembelajaran digital di kampus dan membangun karakter sehingga diharapkan mahasiswa baru memiliki daya juang tangguh, menjadi bagian dari millennial yang kokoh merajut masa depan berbasiskan wawasan iptek, inovasi dan integritas. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


One thought on “Fakultas Hukum Unpak Deklarasi Gerakan Tanpa Kantong Plastik

  1. Nay

    Mantap kali. Semoga bisa diikuti oleh fakultas dan univ lain untuk mendukung pemkot bogor agar semakin maju.
    Kota Bogor, Jaya !

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *