Kab. Bogor

Dua Jurus Deni Humaedi Bangkitkan Pariwisata Kabupaten Bogor, NGAMPAR dan NGANJANG KA DEWI

Deni Humaedi
Deni Humaedi

BOGOR-KITA.com, CIGOMBONG – Dua bulan usai dilantik Bupati Bogor Ade Yasin sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menggantikan Muliadi, Deni Humaedi Alkasembawa terus menunjukkan kinerjanya.

Terkini, untuk membangkitkan pariwisata Kabupaten Bogor berbasis desa yang terpuruk karena pandemi covid-19, Deni Humaedi mempunyai dua jurus yakni NGAMPAR dan NGANJANG KA DEWI.

NGAMPAR atau NGAGUAR-NGAMUMULE PARIWISATA merupakan diskusi yang yang berisi paparan dan dialog interaktif antara narasumber dengan peserta. Sementara NGANJANG KA DEWI merupakan Mengembangkan Jangkauan Desa Wisata.

Giat NGAMPAR pencanangannya telah dilaksanakan di Kampung Ciwaluh, Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Sabtu (4/9/2021).

NGAMPAR di Desa Wates Jaya

“Saya mengapresiasi respons Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Ciwaluh yang merupakan bagian dari desa wisata telah melaksanakan NGAMPAR yang saya launching pada hari ini (kemarin) sekaligus melakukan soft launching Ciwaluh The First Kilometer Cisadane Bogor,” ujar Deni Humaedi saat dihubungi BOGOR-KITA.com, Minggu (5/9/2021).

Baca juga  11 - 25 Januari, Pelayanan Satu Pintu Kecamatan Cisarua Hanya Setengah Hari

Deni Humaedi yang merupakan mantan Camat Cisarua mengatakan, kegiatan NGAMPAR dilaksanakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di pinggir Kali Cisadane.

Hadir pada acara itu, Forkopimcam Cigombong, para kepala desa se-Kecamatan Cigombong, Pokdarwis, Desa Wisata, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat (BPD,RT/RW dan kasepuhan setempat), Penggiat wisata dari Kota Bogor dan juga dari Perguruan Tinggi yaitu UT dan STIAMI serta Mahasiswa Udayana Bali.

Dijelaskan oleh Deni, nomenklatur NGAMPAR itu mengingatkan budaya pertemuan atau penerimaan tamu jaman baheula. “Ternyata dalam posisi duduk bersila-lesehan itu menyehatkan bahkan memiliki daya stabilitas emosi yang sangat baik. Buktinya jarang tetua kita punya penyakit aneh aneh atau ribut ribut dalam pertemuan/forum. Ini merupakan inspirasi dan filosopi utk menumbuhkan cipta,karsa dan rasa,” terang Deni.

Baca juga  Berikut Daftar Pemenang Festival Film Pendek Bogor 2021

Lanjut Deni, saat ini sudah ada beberapa pegiat wisata berbasis desa akan melaksanakan giat yang sama. Salah satunya di Kecamatan Sukaraja dan Megamendung masih di bulan September ini juga.

Selain melalui NGAMPAR, Deni Humaedi beserta jajaran juga terus bergerak dengan Kadisbudpar NGANJANG KA DEWI (Mengembangkan Jangkauan Desa Wisata). Sehingga kedepan DEWI akan jadi primadona dan mendorong Penghasilan Asli Desa dan Peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, Deni Humaedi dilantik Ade Yasin sebagai Kadisbudpar Kabupaten Bogor pada 5 Juli 2021. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top