Eko Syaiful Rohman (no 1 dari kanan)

DPRD : Perbup Antik Terobosan yang Baik

BOGOR-KITA.com – Peraturan Bupati Bogor No. 13 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik atau Perbup Bogor Asri Tanpa Plastik (Antik) sebagai terobosan yang baik.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Eko Syaiful Rohman kepada BOGOR-KITA.com, Senin (19/8/2019) menanggapi Perbup Bogor Antik yang dicanangkan Ade Yasin pada momen Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Sabtu (17/8/2019). .

Eko yang juga merupakan tokoh Bogor Timur tersebut mengemukakan perlunya alternatif selain plastik untuk kemasan yang diproduksi oleh pelaku UKM.

“Ke depan untuk mengurangi dampak dari penggunaan plastik, perlu digenjot UKM-UKM yang bergerak dalam produksi kemasan berbahan selain plastik yang mudah terurai jika telah menjadi sampah,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk membawa kantong sendiri saat berbelanja.

“Seperti jaman ibu atau nenek kita di tahun 70 – 80 an, kalau belanja ke pasar membawa tas sendiri dari rumah,” pintanya.

Eko menambahkan perlunya sosialisasi Perbup tersebut hingga menyentuh akar rumput

“Ini memang belum bisa segera terwujud untuk merubah pola yang sudah berjalan tentang penggunaan plastik dalam waktu dekat . Ini akan efektif jika sosialisasi perbup sampai menyentuh akar rumput,” katanya.

Ade Yasin menargetkan bisa mengurangi 50 persen sampah plastik di Kabupaten Bogor setelah diberlakukannya Perbup Antik tersebut. [] Sri



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *