Kab. Bogor

Dosen IPB Terpilih Jadi Sekjen Ilmuwan Muda 2020-2021

Dr Hawis Madduppa

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Dr Hawis Madduppa, dosen IPB University terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) periode 2020-2021 dalam proses pemilihan yang digelar 12-13 desember 2020 lalu.

Dr Hawwis mendampingi Dr Sri Fatmawati yang terpilih menjadi Ketua ALMI periode 2020-2021.
dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (16/12/2020) disebutkan, ALMI merupakan wadah bagi ilmuwan muda terkemuka Indonesia.

ALMI didirikan di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), suatu organisasi mandiri yang dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1990 tentang Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

ALMI hadir untuk mendorong peran ilmuwan muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di Indonesia dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa.

Baca juga  Tiga Pemain Persikabo 1973 Dipanggil ke Timnas Pra Piala Dunia

Dr Hawis yang merupakan dosen dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakuktas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) ini menjelaskan bahwa dirinya terpilih menjadi anggota ALMI pada tahun 2017.

Ia menjadi bakal calon anggota ALMI atas usulan oleh anggota ALMI, anggota AIPI, organisasi profesi ilmiah, pimpinan perguruan tinggi atau pimpinan lembaga penelitian.

“Bakal calon anggota ALMI dikelompokkan berdasarkan keilmuan yang mencerminkan komisi-komisi AIPI. Seperti Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Kedokteran, Ilmu Rekayasa, Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Saya berada di kelompok keilmuan Ilmu Pengetahuan Dasar,” ungkapnya.

Kegiatan ALMI sendiri bertumpu pada empat kelompok kerja, yaitu Sains Garda Depan, Sains dan Masyarakat, Sains dan Kebijakan dan Sains dan Pendidikan. Dalam kepengurusannya, ketua ALMI didukung oleh direktur program, direktur komunikasi serta direktur hibah dan kemitraan.

Baca juga  Kemenkominfo Target Beri 60.000 Beasiswa Digital pada 2021

Sebagai Sekjen, Dr Hawwis bertugas menyusun dan menetapkan Pedoman Kerja ALMI, mengajukan usul perubahan Anggaran Rumah Tangga (ART) ALMI serta membahas rancangan kerjasama ALMI dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah baik di dalam negeri dan/atau di luar negeri untuk mewujudkan tujuan ALMI.

“Sekretaris Jenderal ALMI bertanggung jawab atas pengelolaan administrasi kantor termasuk administrasi persidangan, kerumahtanggaan, keuangan, dan personalia. Harapan saya, ALMI dapat terus berkontribusi positif dalam meningkatkan inovasi ilmu pengetahuan Indonesia. Khususnya di kalangan ilmuwan muda serta menjadi mitra pemerintah dalam rangka meningkatkan peran ilmuwan Indonesia untuk memberikan saran dan pendapat kepada pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan juga dapat membantu pemerintah untuk mengambil langkah-langkah mendasar dalam rangka mengatasi permasalahan bangsa melalui pendekatan ilmu pengetahuan,” tandasnya. [] Admin

Baca juga  Corona Kota Bogor: Hari ke-14 Positif di Atas 60 Orang per Hari, 74, Sembuh 201

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top