dr Mira Dewi, MSi, PhD, dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University,

Dosen Gizi IPB Berbagi Tips Cegah Tertular Corona

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Tidak hanya pemerintah dan tenaga medis, masyarakat juga memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan penanganan wabah corona. Tanpa peran serta aktif dari masyarakat, usaha pemerintah maupun tenaga medis tidak akan dapat berhasil menekan penyebaran virus.

“Karena itu, penting bagi tiap orang untuk memiliki pengetahuan tentang COVID-19, serta mempraktikkan langkah-langkah pencegahan penyebarannya,” kata dr Mira Dewi, MSi, PhD, dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University,dalam keterangan kepada BOGOR-KITA.com, Senin (6/4/2020).

Dr Mira mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah tertular virus yaitu jangan panik, tetap tenang namun waspada. Pandemi COVID-19 memang masalah serius dan memakan korban di seluruh dunia. Namun demikian, penyebaran virus ini dapat dikendalikan bila kita mengikuti petunjuk pencegahan. Selain itu, dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik, sebagian besar orang yang terjangkit virus dapat sembuh. Harus dipahami bahwa kepanikan maupun stres berlebihan dapat menurunkan imunitas yang artinya kemungkinan menjadi sakit saat terpapar virus justru lebih besar.  

“Terapkan pola hidup bersih dan jaga jarak.  Cuci tangan sesering mungkin, tangan kita kerap menyentuh benda-benda yang mungkin terdapat virus, apalagi di tempat umum. Karena itu, sering-seringlah mencuci tangan. Mencuci tangan dengan air dan sabun terbukti efektif dalam membunuh virus. Bila tidak tersedia air dan subun, maka hand sanitizer dapat pula digunakan,” ungkapnya.

Dr Mira  menambahkan usahakan jangan menyentuh mata, hidung dan mulut. Pastikan tangan bersih bila harus menyentuh mata, hidung atau mulut. Virus masuk ke dalam tubuh melalui cairan. Tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin. Bila kita batuk atau bersin, maka jaga agar cairan dari mulut/hidung tidak mengenai orang lain dengan cara menutupi hidung dengan siku atau menggunakan masker. Bila menggunakan tisu, segera buang tisu yang telah dipakai.

Lebih lanjut dikatakannya, jaga jarak dengan orang lain setidaknya satu meter. Ketika seseorang batuk atau bersin, maka cairan dari mulut atau hidung dapat terciprat sejauh 1-1,5 meter. Bila cairan ini mengandung virus dan mengenai orang lain, maka orang lain tersebut dapat tertular. 

Kemudian tetap tinggal di rumah, hindari kerumunan dan tetaplah berada di rumah kecuali bila ada keperluan mendesak. Tundalah mengunjungi saudara atau kerabat bila tidak perlu. Sekalipun kita merasa sehat, bisa jadi tubuh kita mengandung virus dan dapat menularkan ke orang lain yang kita kunjungi.

“Jaga kesehatan dan perkuat imunitas sebab tingkat keparahan penyakit seseorang bila terkena virus corona sangat tergantung dari baik tidaknya imunitas orang tersebut. Karena itu, sangat penting mempertahankan fungsi imun yang optimal dengan menjalankan pola hidup sehat. Yakni harus cukup tidur setidaknya tujuh jam sehari. Tubuh kita perlu waktu yang cukup untuk beristirahat agar tubuh tidak mengalami kelelahan dan dapat berfungsi kembali dengan baik,” tuturnya.

Dr Mira menjelaskan, makan makanan bergizi seimbang  agar tubuh tetap sehat. Fungsi imun yang baik membutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Nasi atau makanan pokok lain hendaknya dikonsumsi secukupnya. Perbanyak buah dan sayur. Konsumsi sumber protein bermutu tinggi seperti telur, daging, ayam dan tempe. 

Cukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih. Sering-seringlah minum air putih, kurang lebih tiap 30 menit sekali. Juga cukupi kebutuhan cairan dengan minum setidaknya delapan gelas sehari. Hal ini sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh agar berjalan dengan lancar.

“Berjemur matahari. Salah satu zat gizi yang dibutuhkan untuk imunitas adalah vitamin D, yang dapat diperoleh dengan bantuan sinar matahari. Karena itu, sangat dianjurkan untuk berjemur yakni untuk memperkuat sistem imun. Ada pendapat bahwa sinar matahari dapat membunuh virus, namun hal ini belum dipastikan kebenarannya,” ujarnya.

Kemudian olah raga yang rutin selama 30 menit sehari, lima kali dalam seminggu dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olah raga dapat berupa jalan kaki, bersepeda, maupun aktivitas fisik lainnya. Dan yang terpenting dekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Mendekatkan diri pada Tuhan sangat penting agar kita dapat melalui masa sulit ini dengan kesabaran dan keikhlasan. Melalui doa dan ibadah, kita meminta pertolonganNya agar wabah ini segera berlalu.

Selain tips-tips di atas, masyarakat sudah seharusnya taat pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah setempat terkait pencegahan penyebaran COVID-19. “Dianjurkan pula untuk mengenali gejala penyakit COVID-19 serta mempelajari langkah-langkah penanganan sesuai panduan,” tutup dr Mira. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *