Diskusi dan dialog pengelola kehumasan lembaga informasi dan komunikasi di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (11/12/2019).

Diskominfo Kabupaten Bogor: Humas Harus Dapat Memanfaatkan Teknologi Informasi

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Peran dan fungsi pengelola kehumasan harus dapat mengimbangi baik dari segi kemampuan, kompetensi dan kreativitas yang mumpuni sehingga teknologi informasi menjadi bermanfaat dalam memublikasikan program dan pembangunan pemerintah kepada masyarakat.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika (LKI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor Dadang Imansyah dalam diskusi dan dialog pengelola kehumasan lembaga informasi dan komunikasi di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (11/12/2019).

Dadang Imansyah mengatakan, hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa petugas humas pemerintah wajib menyajikan informasi kepada publik secara transparan, memantau dan merespon opini publik yang berkembang dan menggunakan media informasi yang cepat, tepat, murah dan sederhana.

Ia menambahkan, pemerintah sedang melakukan proses pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan fungsional menata jabatan sesuai dengan keterampilan dan keahlian guna memenuhi kebutuhan organisasi.

“Menghadapi kebijakan tersebut, salah satu peluang bagi pengelola kehumasan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah menduduki jabatan fungsional Pranata Humas. Untuk menduduki jabatan tersebut perlu kemauan dan keterampilan yang diawali dari pemahaman tugas dan fungsi pengelola kehumasan itu sendiri,” katanya.

Baca juga  Humas dan Wartawan Kota Prabumulih Kunker ke Pemkot Bogor

Sementara itu, Emilia Bassar selaku narasumber mengingatkan agar para pelaku kehumasan harus lebih memiliki keterampilan dan kreativitas. “Tidak bisa biasa-biasa saja kalau orang humas itu. Contoh, kalau kita menggunakan media sosial, posting di media sosial harus mempunyai kreativitas, foto dan video yang kita posting harus menarik, kita juga harus membuat caption yang menarik sehingga para netizen tertarik untuk melihat postingan kita, jangan lupa orang humas itu harus rajin menulis,” kata Emillia.

Forum kehumasan ini menghadirkan para pengelola kehumasan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Narasumber yang hadir di antaranya Dr Emilia Bassar dari DPP Perhumas Indonesia dan Dr. Hifni Alifahmi, IAPR Dosen Pascasarja Universitas Indonesia (UI). [] Admin/Diskominfo Kabupaten Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *