Kab. Bogor

Dikukuhkan jadi Waketum, Ade Yasin Berharap APKASI jadi Fasilitator Pemda dan Pemerintah Pusat

BOGOR-KITA.com, BALI – Bupati Bogor Ade Yasin dikukuhkan sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pengukuhan berlangsung di kawasan Nusa Dua Bali, Sabtu (19/6/2021). Bersama Ade Yasin, total sebanyak 114 bupati dikukuhkan sebagai Dewan Pengurus APKASI masa bakti 2021 – 2026. Sesuasi aturan organisasi, pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasyara) yang terpilih di Munas APKASI 2021 Maret kemarin.

Pengukuhan dihadiri juga oleh Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian.

“Ya hari ini saya sebagai Wakil Ketua Umum beserta pengurus APKASI yang lain resmi dikukuhkan. Saya berharap kedepan APKASI akan semakin berperan untuk menjadi jembatan akselerasi dan penyampaian aspirasi untuk mempercepat sinergi pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” kata Ade Yasin.

Baca juga  Jalankan Instruksi Bupati Bogor, Satgas Tindak Wisatawan Tanpa Rapid Antigen

Mendagri Muhammad Tito Karnavian juga memberikan apresisasi terkait tema yang diangkat oleh APKASI, yakni “Tantangan dan Harapan : Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19”, karena menurutnya tema itu sangat selaras dengan kondisi hari ini yang diperlukan oleh daerah.

“Membangun ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19 ini harus dilakukan dengan cermat. Pembangunan ekonomi daerah dapat terwujud ketika mampu mengendalikan pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global. Kemendagri sebagai pelayan pemerintah daerah akan terus memonitor dan memberikan evaluasi terhadap daerah-daerah,” tutur Mendagri Tito Karnavian.

Bupati Bogor Ade Yasin bersama para bupati

Menanggapi arahan Mendagri, Wakil Ketua Umum APKASI Ade Yasin sepakat kedepan akan menjalankan strategi penanganan covid-19 di Kabupaten Bogor dengan 4 indikator utama, di antaranya mengurangi angka kasus positif, menekan angka kematian, meningkatkan angka kesembuhan dan menjaga ketersediaan tempat tidur untuk isolasi.

Baca juga  Pemkab Bogor Bagi 1,2 Juta Vaksin Covid-19 untuk 11 Kategori Penerima

“Tadi kami menyimak betul apa yang disampaikan oleh Pak Mendagri, strategi indikator-indikator pengendalian Covid akan kami perkuat kembali di Kabupaten Bogor. Terkait arahan untuk kesiagaan melakukan Testing, Tracking, dan Treatment telah kami instruksikan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan 101 Puskesmas di Kabupaten Bogor,” tegas Ade Yasin.

Ade Yasin juga menambahkan bahwa sangatlah betul kunci sukses penanganan covid-19 dalam pemerintah daerah yaitu sinergi dan kolaborasi kepala daerah, DPRD, Jajaran Forkopimda, camat, organisasi serta tokoh masyarakat.

“Suksesnya pengendalian Covid di daerah dapat terwujud ketika sinergi Eksekutif, Legislatif serta seluruh elemen masyarakat berjalan dengan baik. Covid terkendali, ekonomi daerah pun akan terbangun,” tutup Ade Yasin yang juga Ketua DPW PPP Jawa Barat. [] Hari

Baca juga  Ade Yasin Inginkan Warga Desa Rasakan Hasil Pembangunan
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top