Taman Kunang-Kunang (foto:Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor).

Digdaya Kunang-Kunang Hempaskan Gelap Rimba Lebat Curug Panjang

BOGOR-KITA.com – Sudahkah Anda pernah melihat ribuan kunang-kunang menyinarkan terangnya membuyarkan gelap malam? Bayangkan, gelap malam di rimba lebat yang biasa menakutkan, berubah menjadi menakjubkan.

Datanglah ke Highland Camp Curug Panjang di Desa Megamendung, Kabupaten Bogor. Sebuah kawasan bernuansa hutan tropis seluas kurang lebih 5,7 hektar. Di sanalah ribuan kunang-kunang memperlihatkan kedigdayaannya, bak malaikat pembawa lantera terang mengawal pengunjung yang dikurung gelap malam rimba lebat. Lokasi ribuan kunang-kunang itu disebut Taman Kunang Kunang

Serangga pembawa cahaya ini beterbangan dengan bebas pada daerah dengan kelembaban tinggi yang hangat, sebuah habitat hidup yang cocok dengan kunang-kunang.

Hanya saja jangan datang pada siang hari. Sebab kunang-kunang yang berada dalam kawasan Miniatur Halimun ini hanya aktif di malam hari.

Menikmati fenomena keindahan cahaya kunang-kunang paling baik antara pukul 19.30 – 22.00 WIB, ketika suhu berkisar antara 17-20 C, dalam keadaan cuaca tidak sedang hujan, tntu saja.

Pengunjung bisa menyaksikan mahluk kecil pembawa lentera itu berterbangan dan mempertunjukkan kerlap-kerlip cahaya indah saat mereka saling mencari pasangan.

Sudah banyak wisatawan yang datang ke Taman Kunang-Kunang. Semua mengatakan sangat mengesankan.

Begini salah satunya yang dikatakan wisatawan yang menulis di media sosial.

Saya tidak menyangka bahwa ketika kami berwisata ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak sangat berbeda dengan lingkungan Taman Nasional lain, semisal Cibodas atau Gunung Pangrango.

Berdasarkan referensi dari seorang keponakan yang masih duduk di bangku SMA, maka kami mendaftarkan diri untuk berkunjung ke Taman Nasional itu dan memperoleh persetujuan tiga minggu sebelum kunjungan.

Segala sesuatu tata cara untuk memasuki kawasan, telah dijelaskan secara rinci oleh pihak staf Balai, termasuk persediaan makanan di sana. Mereka akan menyediakan juru masuk – apabila kami menginnginkannya.

Apa yang kami rasakan kala itu, sungguh luar biasa, karena kami tidak menyangka bahwa kami benar – benar masuk hutan rimba.

Kami berangkat menuju lokasi pada jam 08.00 WIB pagi. Perjalanan dari Jakarta menempuh waktu 3 jam dengan jarak 125 km melalui rute perjalanan Jakarta-Bogor-Parungkuda-Kabandungan.

Dari Parung Kuda belok kanan menuju Kabandungan. Perjalanan ketika mendekati Kabandungan, kami disuguhi suasana perbukitan dan kebun teh sepanjang mata memandang.

Di Kabandungan kami harus melakukan regristrasi dulu di Kantor TNGH, di sana kami bertemu dengan seorang pegawai TNGH yang selalu memandu pengunjung ketika melakukan trecking. Pukul 12.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Stasiun Penelitian TNGH di Cikaniki, tempat Istirahat dan penginapan.

Berdekatan dengan Taman Kunang Kunang, ada area Camping Ground, Air Terjun, dan jalur treking. [] Admin/dari berbagai sumber

Alamat: Jalan Curug Panjang, Kampung Paseban RT 004/005, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Hotline: +62 819-1005-4000 (sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor)