Warga Desa Leuwibatu Kecamatan Rumpin melakukan kerja bakti dengan membersihkan sampah dan mengangkat lumpur tanah yang menyumbat saluran air di sepanjang pemukiman warga. Aksi gotong royong ini dipimpin langsung Kades Leuwibatu HM. Sidiq didampingi staf desa, pengurus LPM, BPD serta seluruh ketua lingkungan.

Cegah Banjir Warga Desa Leuwibatu Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Ratusan warga masyarakat Desa Leuwibatu Kecamatan Rumpin melakukan aksi bersih – bersih lingkungan guna mengantisipasi bahaya banjir. Aksi gotong royong tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Leuwibatu H.M. Sidiq didampingi staf desa, pengurus LPM, BPD, serta para ketua lingkungan, dengan melaksanakan pembersihan saluran air (drainase) di sepanjang pemukiman warga.

Kades Leuwibatu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selain untuk mencegah bahaya banjir, sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan masyarakat. “Kegiatan ini kami masukkan dalam program padat karya. Tetapi warga tidak mengambil upah kerja, namun dikumpulkan untuk membangun sarana kebutuhan lingkungan seperti tong sampah, poskamling dan lainnya,” ungkap HM. Sidiq kepada media ini, Selasa (14/1/2020).

Dia menambahkan, kegiatan kerja bakti ini akan dilakukan secara rutin. Sedangkan sasaran target volume pekerjaan yaitu drainase (saluran air) sepanjang 500 meter yang berada di pemukiman warga di wilayah RW 01. Menurutnya, dalam kegiatan ini warga melakukan pengerukan lumpur tanah serta sampah yang sudah menyumbat saluran air yang memiliki lebar 1 meter dan kedalaman 60 sentimeter. “Selain itu, kami juga memberikan imbauan kepada warga desa agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing – masing” pungkas HM. Sidiq.

Sementara Yuda Ketua BPD Leuwibatu mengatakan, sangat mendukung program kebersihan yang dicanangkan Kades Leuwibatu dan jajarannya. Menurut Yuda, kondisi cuaca musim hujan seperti sekarang memang perlu sekali diantisipasi dengan memperbaiki sarana drainase serta kebersihan lingkungan karena rawan banjir, seperti yang dialami beberapa wilayah lainnya. “Beberapa waktu lalu juga, pak Kades bersama BPD dan warga desa, sudah menggalang dana dan mengirimkan bantuan untuk korban bencana di Jasinga, Lebak dan Cigudeg.” jelasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *