Kota Bogor

Calon Direksi PDAM Kota Bogor: Setelah 4 Hari Belum Ada Juga Mendaftar

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pendaftaran calon Direksi Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor sudah dibuka tanggal 23 Oktober 2020. Tetapi, sampai tanggal 27 Oktober 2020, atau setelah 4 hari, belum juga ada yang mendaftar.

Hal ini diketahui dari keterangan  Ketua Panitia Seleksi (Pansel) pemilihan Direksi PDAM Kota Bogor, Dody Ahdiat, di Bogor, Selasa (27/10/2020).

Apakah panitianya tertutup? Dalam catatan BOGOR-KITA.com, panitia terbuka. BOGOR-KITA.com sudah memberitakan mengenai seleksi itu sebelumnya, juga berdasarkan keterangan Dody Ahdiat.

Pada Selasa (27/10/2020), Dody kembali membuat keterangan tentang pendaftaran Direksi PDAM Kota Bogor itu.

Dody kembali menjelaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuka pendaftaran calon anggota Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan periode 2020-2025 dan Dewan Pengawas periode 2020-2024. Proses pendaftaran telah berlangsung sejak 23 Oktober hingga 3 November secara daring.

Pembukaan pendaftaran dilakukan karena masa jabatan pimpinan yang lama akan berakhir pada awal bulan Desember mendatang dan mengisi satu orang Dewan Pengawas.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Dody Ahdiat mengatakan, dalam proses seleksi ini akan dipilih tiga orang untuk menempati jabatan direksi dan satu orang dewan pengawas dari unsur pejabat Pemkot Bogor.

Baca juga  Gugus Tugas Izinkan Yogya Bogor Junction Beroperasi Kembali

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar,” kata Dody di ruang kerjanya, Selasa (27/10/2020).

Untuk jabatan tiga direksi dibuka seluas-luasnya bagi siapapun, namun dengan persyaratan yang telah ditentukan, seperti memiliki sertifikat kompetensi mengenai pengelolaan air minum yang diselenggarakan BNSP atau lembaga sertifikasi yang mendapatkan lisensi BNSP.

“PNS juga bisa saja daftar menjadi calon direksi, tapi harus mengundurkan diri,” katanya.

Sementara untuk Dewan Pengawas periode 2020-2024 hanya untuk pengisian satu orang yang berasal dari unsur pejabat Pemkot Bogor.

“Karena dua orang dewan pengawas dijabat Bu Sekda dan Pak Dodi Rosadi dari kalangan independennya,” jelasnya.

Pendaftaran seleksi calon anggota Direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dilakukan secara daring  melalui email seleksidireksipd@kotabogor.go.id dengan subjek email Seleksi Calon Anggota Direksi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Untuk calon Dewan Pengawas melalui email seleksidewaspd@kotabogor.go.id dengan subjek email Seleksi Calon Dewan Pengawas Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

“Setiap email yang telah masuk akan menerima email balasan dari Panitia Seleksi dari pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB. Khusus tanggal 3 November 2020 dari pukul 09.00 WIB – 23.59 WIB,” ujar Dody.

Baca juga  KMB Kembali Menggelar Santunan Anak Yatim dan Ifthor Jama’i

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bogor ini menerangkan, setelah proses pendaftaran akan dilanjutkan seleksi administrasi. Bagi peserta yang lolos akan mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) oleh tim seleksi serta tahapan lainnya.

“Tim UKK ada lima orang, terdiri dari pejabat Pemkot Bogor (wakil wali kota atau sekda), kalangan independen atau akademisi (rektor), lembaga profesional (Perpamsi atau Asosiasi Dewan Pengawas PDAM),” sebutnya

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini merupakan PDAM terbaik ketiga nasional dan terbaik kedua di Jawa Barat. Untuk itu pihaknya berharap tiga direksi dan satu dewan pengawas yang terpilih nanti bisa mempertahankan dan meningkatkan capaian prestasi tersebut.

“Kami menginginkan jajaran direksi dan dewan pengawas yang terpilih benar-benar yang sesuai kualifikasi, sesuai harapan pak wali kota. Kami juga memilih tim UKK yang benar-benar kompeten di bidangnya,” kata Dody. [] Hari/Prokompim

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1

Terpopuler

To Top