Kab. Bogor

Bupati Kukuhkan 100 Anggota Dewan Kesenian Kabupaten Bogor

Nurhayanti kukuhk 100 anggota Dewan Kesenian Kabupaten Bogor

BOGOR-KITA.com – Bupati Bogor Nurhayanti, mengukuhkan 100 anggota Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) periode 2015-2020 di Pendopo Bupati Bogor, Jalan Tgar Beriman, Cibinong, Senin (1/6/2015).  

Dalam sambutannya, bupati meminta seluruh pengurus Dewan Kesenian menjaga aset kesenian dan kebudayaan Kabupaten Bogor. Bupati juga berharap Dewan Kesenian bisa lebih memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Bogor.

Memanfaatkan gedung kesenian yang ada, dengan menampilan kesenian dan budaya khas Kabupaten Bogor seperti pagelaran seni, dan lain sebagainya. Dngan harapan, agar seni dan budaya Kabupaten Bogor bisa lebih dikenal, tidak hanya oleh masyarakat Kabupaten Bogor, tetapi juga dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

“Jadikan gedung kesenian wadah bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bogor, untuk menuangkan kemampuan dan hobi seni yang mereka miliki. Dewan kesenian yang bisa mewujudkan hal itu. Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2015, saya mengukuhkan Dewan Kesenian dengan harapan dapat meningkatkan pelestarian kesenian dan budaya dan kearifan lokal di Bumi Tegar Beriman," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bogor melatik 100 pengurus dan anggota Dewan Kesenian Kabupaten Bogor. Acara tersebut dihadiri Dandim 0621, Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, Perwakilan Polres Bogor dan Kejari Cibinong dan lainnya.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bogor, Erwin Suriana mengatakan, tantangan DKKB tentu saja sangat berat untuk membangun masyarakat lewat medium seni dan budaya. DKKB hadir untuk berupaya menciptakan iklim kondusif dalam pelestarian kebudayaan daerah serta terlibat langsung dalam menciptakan industri seni dan pariwisata sebagai pilar pembangunan daerah. Dewan kesenian akan berupaya untuk menginventarisir dan mengidentifikasi seni yang pernah ada dan tumbuh berkembang di Kabupaten Bogor sebagai bagian sejarah yang perlu diketahui anak cucu kita semua.

”Kami melihat dengan potensi yang ada saat ini, sudah selayaknya Kabupaten Bogor memiliki pasar seni yang dikelola dengan baik dan memiliki saung-saung seni natural yang menjadi bagian dari destinasi wisata Kabupaten Bogor. Kami sadar bahwa kami harus identik dengan situasi kreatif untuk memajukan seni budaya,” tutur Erwin.

Lebih lanjut ia menambahkan, mudah-mudahan DKKB akan membuka ruang harapan bagi para pekerja seni di Kabupaten Bogor, kendati perlu bekerja lebih keras yang tidak kenal kata lelah. Perekonomian, pendidikan dan sebagainya, imbuhnya diharapkan bisa menampilkan ornament atau ciri yang memiliki nilai budaya luhur Kabupaten Bogor, sebagai penghormatan nilai-nilai tradisional yang harus tetap lestari. [] Admin

Baca juga  Bupati Bogor: Pelihara Semangat Puasa
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 − = 33

Terpopuler

To Top