Kab. Bogor

BPBD Kabupaten Bogor Gelar Forum Pentahelix, Perkuat Mitigasi

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Yani Hassan dalam forum pentahelix, Jumat (19/3/2021).

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Forum Pentahelix ini mengangkat tema Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah terkait penanggulangan bencana. Salah satu sasarannya adalah memperkuat mitigasi bencana.

Hal ini dikemukakan Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Ir. Budi Pranowo, yang tampil sebagai moderator Forum Perangkat Daerah RKPD Tahun 2022 melalui, offline (tatap muka) dan daring Zoom Meeting live streaming youtube, di Aula BPBD Kabupaten Bogor, Cibinong, Jumat (19/3/2021).

Forum pentahelix tersebut menghadirkan Waka Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, SES Prodi Kebencanaan Universitas Pertahanan, Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Camat Jasinga Kabupaten Bogor, Star Energy Geothermal Salak, Ltd dan Ketua Pandawa ICT serta diikuti secara webinar (zoom meeting) oleh peserta lainnya baik dari dinas/instansi, kecamatan, penggiat bencana dan pelaku dunia usaha.

Baca juga  Manchester City Tantang PSG di Semifinal Liga Champions

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Yani Hassan memaparkan kejadian bencana di wilayah Kabupaten Bogor tahun 2020. Jumlah total kejadian bencana mencapai 1.337 kejadian bencana, dengan rincian tanah longsor 428, banjir 175, kebakaran 41, angin kencang 375, pergeseran tanah 51, Gempa Bumi 18 dan lain-lain 151.” Jelasnya.

Yani juga menjelaskan, wilayah Kabupaten Bogor memiliki tipe morfologi bervariasi sehingga banyak wilayah berada di zona rawan bencana seperti tanah longsor, banjir, angin kencang, kekeringan, pergeseran tanah, gempa bumi, kebakaran dan lainnya.

Oleh sebab itu, katanya, visi, misi, tujuan dan sasaran BPBD dalam RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2018 – 2023 ada tiga sasaran utama yang perlu dicapai, yaitu peningkatan pelaksanaan mitigasi, peningkatan pelayanan tanggap darurat bencana dan peningkatan pelayanan pasca bencana melalui kegiatan rehabilitasi rekonstruksi.

Baca juga  Forum Mahasiswa Bogor Bersatu Deklarasi Jaga NKRI

Ia menambahkan, sebelum menggelar forum perangkat daerah, BPBD Kabupaten Bogor telah melaksanakan pra forum perangkat daerah pada tanggal 5 Maret 2021 lalu di Aula BPBD Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh 13 kecamatan yang mengajukan usulan.

Terkait usulan yang masuk, Yani Hasan mengatakan, ada berbagai usulan, di antaranya pembentukan Destana, penguatan Destana, mempersiapkan relokasi korban bencana.

Forum Perangkat Daerah BPBD Kabupaten Bogor tahun 2021 yang digelar melalui pertemuan offline dan online di kantor BPBD Kabupaten Bogor, Jum’at (19/3/2021). [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top