Bonenkai Festival, Tidak Sekedar Festival Budaya Tapi Juga Menginspirasi Dari Sisi Karakter

Bonenkai Festival, Tidak Sekedar Festival Budaya Tapi Juga Menginspirasi Dari Sisi Karakter

BOGOR-KITA.com – Bonenkai Festival ke-11 Tahun 2017 yang digelar di Istana Ballroom, Hotel Salak The Heritage menampilkan parade kebudayaan dari negeri matahari terbit, Jepang. Wali Kota Bogor Bima Arya yang menghadiri pembukaan festival ini menyampaikan kekagumannya terhadap budaya Jepang. “Bukan tanpa alasan jika saya mengagumi dan menyukai budaya jepang. Fighting spirit, keuletan, rajinnya, serius, dan totalitasnya orang Jepang itu luar biasa,” ujar Bima Arya dihadapan para peserta Bonenkai Festival ke-11.
Bima berharap para peserta festival yang merupakan para pelajar dan mahasiswa Kota Bogor, dapat mencontoh kehebatan, semangat, dan etos kerja orang Jepang yang luar biasa. “Jadi bukan hanya budaya, karya, dan tidak sekedar hura-huranya saja, tapi juga mampu menginspirasi kita semua khususnya bagi anak muda Kota Bogor melalui kehebatan yang dimiliki orang Jepang. Jadi tidak sekedar aspek budaya tapi juga kultur dan karakternya,” ajak Bima.

Kota Bogor, sambung Bima, memiliki hubungan yang sangat spesial dengan Jepang. Salah satunya dengan dijalinnya kerjasama dengan kota Kisarazu. Di kota yang berada sekitar satu jam perjalanan dari Tokyo itu, Kota Bogor menjalin kerjasama dalam beberapa bidang, diantaranya kebudayaan, pertanian, dan teknologi.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Bogor Syahlan Rasyidi mengapresiasi festival ini yang telah menjadi kegiatan rutin. “Selain memperkenalkan budaya Jepang, juga mampu menarik minat warga luar Kota Bogor. Festival yang diikuti para pelajar dan anak muda Kota Bogor tidak membuat luntur rasa cinta dan bangga akan budaya nasional, namun sisi positif orang Jepang yang diharapkan ditiru para anak muda Kota Bogor,” pungkasnya.

Dalam festival yang dilaksanakan selama dua hari, mulai 14 hingga 15 Januari 2017, ditampilkan pernak-pernik Jepang di ruang Japanese Exihibition. Bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana memcekam, ada Sadako House yang merupakan rumah hantu Jepang. Selain itu festival turut diramaikan dengan tenant-tenant yang menyediakan souvenir khas Jepang. Tidak ketinggalan disajikan seni melipat kertas khas jepang atau yang lazim disebut origami, juga tarian khas Jepang yang ditampilkan para peserta festival yang berasal tidak hanya dari Kota Bogor.

Beragam kuliner khas Jepang juga siap memanjakan lidah. Bima Arya yang didampingi Syahlan Rasyidi berkesempatan mencicipi ikayaki, makanan khas Jepang yang berbahan daging cumi-cumi serta okonomiyaki, yang berbahan telur ditaburi sayuran segar. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *