Mantan Wakil Presiden RI Boediono

Boediono Soal Anugerah Pandu Negeri

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Ketua Dewan Penasihat IIPG, yang juga Wakil Presiden RI ke-11 Boediono menjelaskan, untuk mewujudkan negara maju, Indonesia bisa mencontoh beberapa negara maju di Asia Timur yang dinilainya telah berhasil. Menurut dia, ada tiga hal yang dilakukan oleh negara-negara tersebut, yang disebutnya sebagai trilogi, dalam pembangunan, yakni pendidikan, birokrasi, dan infrastruktur.

“Mereka (negara-negara maju di Asia Timur) berhasil melakukan bagian penting dari trilogi ini, yakni pembangunan manusia (melalui pendidikan), pelayanan publik (birokrasi), dan infrastruktur. Ini memang memerlukan visi jangka panjang, tidak hanya kerja tahunan,” jelas Boediono dalam acara penyerahan  Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019 di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Jumat (25/10/2019) malam.

Trilogi pembangunan tersebut telah menjadi landasan dasar dalam program pembangunan negara-negara maju di Asia Timur, sehingga diyakini akan bisa meningkatkan produktivitas nasional secara terus-menerus.

Untuk APN 2019 ini, Ketua Umum IIPG Sigit Pramono mengatakan, ada 548 pemerintah daerah (pemda) yang terdiri dari pemerintah daerah provinsi, pemerintah kota, dan pemerintah kabupaten yang diberikan penilaian. Dari jumlah tersebut hanya ada 63 pemda atau 11,5% yang memiliki kinerja dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca juga  Ketum PPP Tertangkap KPK, PPP Jawa Barat Minta Maaf

“Ini menunjukkan masih diperlukan pemimpin daerah yang tata kelola dan kinerja yang baik. Peran dari pemimpin daerah baik Gubernur, Wali Kota, dan Bupati memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan tata kelola dan kinerja pemerintahan daerah yang baik,” kata Sigit.

Untuk itu, Sigit berharap melalui ajang Anugerah Pandu Negeri ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para pemimpin di daerah.

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menyemangati ibu/bapak sekalian pemimpin daerah untuk terus melakukan internalisasi praktik-praktik tata kelola pemerintahan di wilayahnya masing-maisng,” katanya.

Anugrah APN tahun 2019 kategori Pemimpin Inovatif diberikan kepada Gubenrur Jabar, dan sejumlah pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota. [] Admin/Humas Pemdaprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *