Kota Bogor

Bila Terkena Covid, Warga Kota Bogor Yakin Sembuh

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Warga Kota Bogor luar biasa. Saat ditanya kemungkinan terkena covid-19, mayoritas mengatakan yakin tidak terkena atau sangat kecil kemungkinan terkena.

Saat ditanyakan lagi, kalau terkena covid-19, yakin sembuh atau bagaimana? Mayoritas mengatakan yakin dan sangat yakin sembuh.

Hal ini tersimpul dari Survei Persepsi Risiko Covid19 Kota Bogor yang dikerjakan oleh  lapor Covid-19 dan Social Resilience Lab, Nanyang Technological University

Survei itu sendiri menyasar sebanyak 21,803 responden, di mana 21,544 di antaranya dinyatakan valid.

Pengumpulan data dilakukan mulai 15 Agustus sampai dengan 1 September 2020, dengan metode pengumpulan data adalah quota sampling dengan variable penduduk per kelurahan.

Survei dilakukan secara online melalui platform Qualtrics yang disebar melalui aplikasi pesan instan (WhatsApp) kepada warga kota Bogor.

Baca juga  Hari Pertama Porpemda XII, Kota Bogor Turunkan 6 Cabor

Penyebaran kuesioner dilakukan oleh Pemkot Bogor. Metode Analisis Menggunakan formula Spearman rho untuk mengukur korelasi antar variabel dan faktor demografi.

Terkait keyakinan sembuh atau tidak, diajukan pertanyaan sebagai berikut: “Jika anda terpapar Covid19, seberapa yakin anda akan sembuh?”

Jawabnya, mayoritas mengatakan, yakin dan sangat yakin akan sembuh. Hanya sebagian kecil mengatakan tidak yakin atau kurang yakin.

Rinciannnya sebagai berikut:

Kelompok usia 36-45 tahun.

Tidak Yakin 0,3 persen

Kurang Yakin 0,5 persen

Mungkin 3,2 persen

Yakin 14,0 persen

Sangat Yakin 13,5 persen

Dari data ini terlihat bahwa antara yang yakin dan sangat yakin mencapai 25,5 persen. Bandingkan dengan warga yang menjawab tidak yakin dan kurang yakin yang bila dijumlahnya prosentasenya hanya 0,8 persen.

Baca juga  SIG PDAM Tirta Pakuan Dukung Kota Bogor Menjadi Smart City

Ditelusuri pada kelompok usia lain, seperti kelompok usia lebih tua dan lebih muda, hasilnya kurang lebih sama. [] Admin/Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top