Ade : Program Kwarran Harus Sinergi Dengan Bidang Pendidikan

Ade : Program Kwarran Harus Sinergi Dengan Bidang Pendidikan

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 40 pengurus Kwartir ranting (Kwarran) Bogor Timur masa bakti tahun 2016-2021 dilantik di SDN Sukasari, Jalan Siliwangi, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (14/4/2017).

Keanggotaan pengurus kwarran tersebut berasal dari guru dan Kepala Sekolah se-Bogor Timur, pelantikan dilakukan Mabiran Bogor Timur Adi Novan yang disaksikan langsung Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

Ade mengatakan, setelah pelantikan ini harus diikuti dengan program kerja, sehingga jelas arahnya mau kemanan, baik itu untuk pembinaan bina muda maupun bina wasa. Program kegiatan pun harus mengacu pada program yang ada di Kwarcab sehingga ada kesinambungan dalam pembinaan di gugus depan dan mudah dilakukan evaluasi di tingkat ranting. Sebab, evaluasi sangat perlu agar anak-anak tidak merasa bosan jika hanya sekadar pembinaan saja.

“Bagi pembina dewasa harus juga memahami nilai-nilai kepramukaan dengan mengikuti pembinaan mahir dasar dan lanjutan,” jelas Ade.

Dia menerangkan, kegiatan di kepramukaan sangat sinergi dengan bidang pendidikan yakni membentuk manusia yang hebat dan mempunyai sikap prilaku berkarakter. Hal ini tentunya selaras mengingat anggota kwartin ranting merupakan guru dan kepala sekolah. Apalagi andalan-andalan hebat ada di Bogor Timur. Ade menyebut, hanya satu modal yang diperlukan untuk terus menggiatkan pramuka yaitu, keikhlasan dan ketulusan.

“Modal itu yang membawa Kota Bogor menjadi tergiat ke-3 se-Jawa Barat dari awalnya berada diurutan 22,” terangnya.

Ketua Kwarran Bogor Timur Radite mengatakan, pihaknya mengaku sudah menyiapkan berbagai program, baik kegiatan yang bersinergi dengan program Kwarcab maupun program mandiri kwartir. Untuk program mandiri misalnya, kegiatan pramuka dewasa dengan mengadakan kursus orientasi Mabigus, Karang Pamitran sebuah forum para pembina, merawat Taman di sepanjang Pajajaran, Pesta Siaga, Gladian Pemimpin Regu hingga latihan gabungan.

“Semua program ini untuk mendukung kegiatan kwarcab dan tahun lalu DKR Bogor Timur menjadi Kwarran satu se-kota Bogor,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *