Kota Bogor

82 Hotel dan Resto di Kota Bogor Akan Terima Dana Hibah Pariwisata

Bima Arya dalam Sosialisasi Hibah Pariwisata Dalam Rangka Akuntabilitas Pemanfaatan Dana Hibah yang diselenggarakan Inspektorat Kota Bogor di Kuntum Farmfield, Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Selasa (1/12/2020).

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sebanyak 82 hotel dan resto di Kota Bogor akan menerima dana hibah pariwisata.

Hal ini dikemukakan Kepala Inspektur Kota Bogor, Pupung W Purnama dalam Sosialisasi Hibah Pariwisata Dalam Rangka Akuntabilitas Pemanfaatan Dana Hibah yang diselenggarakan Inspektorat Kota Bogor di Kuntum Farmfield, Jalan Raya Tajur, Kota Bogor, Selasa (1/12/2020).

Pupung mengatakan, untuk program Hibah Pariwisata 2020 ini Inspektorat berperan melakukan review atas daftar nominatif hotel dan restoran yang disampaikan Disparbud Kota Bogor.

“Ada 95 hotel dan restoran yang disampaikan Disparbud ke Inspektorat, namun yang memenuhi syarat secara administratif sebanyak 82 saja,” katanya.

Dikatakan, hotel dan restoran yang memenuhi syarat ini akan ditetapkan melalui SK Wali Kota, selanjutnya mereka akan melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan alokasi besarannya sesuai dengan kontribusi pembayaran pajak yang dibayarkan pada 2019.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan target dana hibah pariwisata kepada pengelola hotel dan restoran. Target itu adalah, dana hibah harus terserap maksimal, dan protokol kesehatan semakin dipahami.

Baca juga  Pemkota Bogor Pastikan APBD 2019 Berorientasi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

“Jangan sampai upaya luar biasa pemerintah untuk meningkatkan ekonomi menjadi masalah di kesehatan dan transparansinya. Dana hibah ini harus terserap maksimal dan protokol kesehatan bisa semakin dipahami, saya yakin dua hal ini bisa dilakukan,” tegas Bima.

Dana hibah pariwisata diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk pelaku usaha terdampak pandemi covid-19.

Ada 4 daerah di Jawa Barat yang memperoleh  dana hibah pariwisata tersebut. Yakni, Kota Bogor mendapat Rp73 miliar, Kabupaten Bogor mendapat Rp80 miliar, Kota Bandung mendapat Rp100 miliar, dan Kota Cirebon mendapat  Rp22 miliar.

Realisasi dana hibah itu mulai Oktober sampai Desember 2020, di mana 70 persen ditransfer langsung ke hotel dan resto, sedang 30 persen untuk pemerintah daerah. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top