Kota Bogor

Inspektorat Daerah Kota Bogor, Raih Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3

Walikota Bogor Bima Arya terima penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari Deputi BPKP RI, di Bandung, Kamis (28/1/2021)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menerima penghargaan. Kali ini diterima oleh Inspektorat Daerah Kota Bogor yang meraih piagam penghargaan Kapabilitas APIP level 3.

Kapabilitas APIP adalah kemampuan aparat pengawasan internal pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM APIP yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif.

Kota Bogor menjadi salah satu daerah dari total 7 Kota/kabupaten di Jawa Barat yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan Kapabilitas APIP level 3 itu diterima langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang diberikan oleh Deputi BPKP RI di Hotel Hilton, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/1/2021).

Baca juga  Sumbang PAD Tertinggi, Pemkot Bogor Anugerahkan Penghargaan Kepada Insan Pariwisata

Kepala Inspektorat Daerah Kota Bogor, Pupung W Purnama mengatakan, berdasarkan hasil penilaian mandiri BPKP perwakilan Jawa Barat, inspektorat daerah (Itda) Kota Bogor telah mencapai APIP level 3/Integrated (lever tertinggi saat ini).

Menurut Pupung, ada sejumlah indikator dalam penilaian APIP level 3, di antaranya mandiri atas 6 elemen.

“Pertama peran dan layanan APIP, kedua pengelolaan SDM, ketiga praktik profesional, keempat, akuntabilitas dan manajemen kinerja, kelima budaya dan hubungan organisasi, dan keenam struktur tata kelola,” papar Pupung.

Dengan penghargaan ini, tambah Pupung, pihaknya akan terus mempertahankan capaian-capaian melalui berbagai program dan inovasi. “Semoga penghargaan ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja,”  harapnya. [] Ricky

Baca juga  Ade Yasin: Saya akan Perjuangkan Menambah Anggaran Program Samisade 2022
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top