Kota Bogor

Perumda PPJ Bakal Revitalisasi Pasar Padasuka

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim memimpin rapat rencana revitalisasi Pasar Padasuka, Kamis (28/1/2021).

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) akan merevitalisasi Pasar Padasuka atau Pasar Cunpok di Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim usai melakukan rapat pembahasan revitalisasi Pasar Padasuka bersama Perumda PPJ, Disperdagin, Diskop UKM, Kabag Hukum, BPKAD, Kabag Ekon, Camat Bogor Tengah serta jajaran internal Perumda PPJ Kota Bogor.

Dedie A. Rachim mengatakan, Perumda PPJ ingin mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam penataan di kawasan Suryakencana yang meliputi revitalisasi Jalan Lawang Seketeng, Pedati dan Rangga Gading.

“Untuk tahap kedua ini, di samping revitalisasi Suryakencana juga akan direvitalisasi Pasar Padasuka atau biasa disebut Pasar Cumpok. Rencana revitalisasi Pasar Cumpok mulai dilakukan awal bulan April mendatang dengan anggaran sekitar Rp15-17 miliar,” ucap Dedie, Kamis (28/1/2021).

Baca juga  BMKG Citeko Prediksi Hujan Akan Melandai di Pertengahan Februari Ini

Revitalisasi Pasar Cumpok ini masih terkait dengan revitalisasi Suryakencana.

“Saat rencana Suryakencana dan Pasar Cumpok selesai, akan menjadi solusi permanen dan tuntas terutama persoalan para PKL. Warga pun akan merasa nyaman ketika berbelanja ke pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Perumda PPJ Muzakkir menuturkan, revitalisasi Pasar Cumpok ini dilakukan karena sejalan dengan rencana pemkot menata kawasan Suryakencana.

“Ini kami sedang proses DED diharapkan dalam waktu dekat selesai dan kita harapkan pembangunam bisa berjalan di awal tahun 2021. Penataan Suryakencana selesai Insya Allah revitalisasi Pasar Cumpok juga selesai,” katanya.

Menurut Muzakkir, jika revitalisasi Pasar Cumpok selesai, para pedagang eksisting PKL di sekitar gudang, Pedati dan Lawang Seketeng yang sekarang masih ada, bisa ditampung semua di Pasar Cumpok.

Baca juga  Jelang Libur Imlek 12 Februari, Kendaraan Menuju Kawasan Puncak Mulai Ramai

“Rencana Pasar Cumpok dibangun 3 lantai meliputi lantai basement untuk parkir, lantai dasar dan lantai satu untuk pedagang dengan daya tampung sekitar 300 kios dan los. Pedagang eksisting Pasar Cumpok ini tidak banyak, puluhan saja,” ucapnya.

Muzakkir mengungkapkan, di tahun 2021 ini Perumda PPJ menargetkan pembangunan tiga pasar, yaitu Pasar Cumpok, Pasar Tanah Baru dan Pasar Sukasari.

Saat ini pihaknya sedang menunggu raperda selesai. Jika raperda sudah diparipurnakan, pihaknya akan langsung bergerak, karena Kota Bogor perlu sesegera mungkin merevitalisasi pasar-pasar.

“Tujuan revitalisasi pasar ini untuk pasar lebih baik, ramah keluarga, lebih nyaman. Kita juga masih banyak PKL yang berjualan di jalan. Program ini adalah program membangun pasar, menampung pedagang eksisting dan bisa memastikan para PKL yang berdagang di pinggir jalan bisa masuk ke dalam pasar,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Bogor Waspada Bencana
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top