8 dari 34 Menteri Jokowi-JK, Perempuan

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 8 dari 34 menteri yang terpilih masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK adalah perempuan. Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Pengusaha Wanita Pengusaha (IWAPI) Kabupaten Bogor, Ratu Nailamuna mengatakan, kepemimpinan perempuan di Kabupaten Bogor juga sangat diterima oleh masyarakat.

Delapan perempuan yang terpilih dalam kabinet kerja Jokowi-JK bahkan dipercaya memimpin kabinet dengan medan tugas penting dan strategis. Salah satunya adalah Menteri Luar Negeri yang dalam sejarah tidak pernah dijabat oleh perempuan, kini dipercayakan kepada seorang perempuan bernama Retno Lestari Priansari Marsudi. Demikian juga Menteri Negara BUMN, kini dipimpin perempuan yang dipercayakan kepada Rini M Soemarno.

Menteri lain yang dipercayakan kepada perempuan adalah Menteri Kelautan dan Perikanan dipercayakan kepada Susi Pudjiastuti,Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dipercayakan kepada Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dipercayakan kepada Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dipercayakan dipimpin oleh Yohana Yambise.

Ratu Nailamuna mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Jokowi-JK kepada 8 perempuan.

“Bagus yah. Sebetulnya harus 30 persen, tapi 8 orang berarti 25 persen, sudah sangat bagus,” beber Ratusaat dikonfirmasi PAKAR melalui sambungan telepon, Minggu (26/10).

Sebenarnya, kata Tatu, sapaan akrabnya, jabatan penting diduduki oleh kaum hawa sudah terlihat di Kabupaten Bogor. Dari posisi Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, Kepala Dinas, Kepala Bidang hingga Kepala Seksi, Camat, dan Kepala Desa diduduki oleh kaum perempuan.Dalam catatan PAKAR, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor sebelumnya dijabat oleh seorang perempuan. Kepala Pengadilan Negeri Kabupaten Bogor, saat ini malah dijabat oleh perempuan. Demikian juga Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor dan Kepala Pengadilan Negeri Kota Bogor saat ini juga dijabwat oleh perempuan.

“Kabupaten Bogor sendiri sudah sangat luar biasa. Jabatan strategis perempuan dan potensinya sudah diperlihatkan. Masyarakatnya sangat menerima kepemimpinan perempuan,” beber dia.

 

8 Menteri  Perempuan

1. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti

2. Menteri Luar Negeri : Retno Lestari Priansari Marsudi

3. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya

4. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani

5. Menteri Kesehatan : Nila F Moeloek

6. Menteri Sosial : Khofifah Indar Parawansa

7. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohanan Yambise

8. Menteri Negara BUMN: Rini M Soemarno

Sumber: Pengumuman Kabinet oleh Jokowi. [] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *