Desa Cimanggis dan Kemang Rayakan Tahun Baru dengan Pawai Obor

BOJONGGEDE – Menyabut Tahun baru islam 1 Muharam 1436 Hijriyah, ribuan warga, mulai dari anak-anak hingga dewasa melakukan pawai akbar berjalan kaki mengelilingi sejumlah kampung yang ada di Desa Cimanggis, Kecamatan Bojong Gede, Jum’at (24/10).

Dengan membawa obor yang dibarengi dengan nyanyian islami, warga  terlihat sangat antusias melakukan konvoi yang dibagi menjadi dua kelompok ini.  Kepala Desa Cimanggis, Abdul Aziz Anwar mengatakan, perayaan 1 Muharam ini sengaja digelar secara akbar dengan harapan dapat menumbuhkembangkan tradisi islami sekaligus mempererat tali silaturahmi antar warga.

Aziz memaparkan, dalam kegiatan ini pihaknya sengaja melibatkan sejumlah pengurus masjid, majelis taklim, pondok pesantren, lembaga dakwah, serta siswa-siswi SMP, SMA/sederajat yang ada di Desa Cimanggis.

“Ada 8000 orang turut berpartisipasi dalam pawai ini. Kalau ditanya artinya, tentu kami punya harapan baru di tahun baru ini sekaligus sebagai ucapan bersyukur," katanya kepada PAKAR.

Keikutsertaan anak-anak dalam pawai, kata Aziz, diharapkan bisa meneruskan tradisi perayaan tahun baru Islam. "Agar budaya ini tidak terputus. Jaman sekarang masyarakat merayakan hal-hal yang sebenarnya bukan budaya kita, seperti tahun baru dan valentine," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Aziz juga mengajak seluruh umat muslim menyambut Tahun Baru Islam sebagai momentum mengevaluasi dan introspeksi diri masing-masing dan melakukan hal-hal yang terbaik sehingga ke depannya lebih baik lagi.
"Mari kita berdoa bersama-sama, semoga kembali bertemu pada Tahun Baru Islam yang akan datang, dan bisa menambah amal ibadah serta menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT," ujarnya.
Pantauan PAKAR, pawai obor di Desa Cimanggis cukup menarik perhatian masyarakat. Warga tampak berbaris di pinggir jalan menyaksikan pawai. Tidak sedikit pula pengendara kendaraan yang berhenti untuk melihat pemandangan langka tersebut. Sementara, para petugas kepolisian dibantu petugas bantuan polisi (banpol) serta Koramil setempat turut membantu mengatur lalu lintas.

Pawai serupa juga dilakukan ribuan warga dari 4 desa yang ada di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Mereka juga menggelar pawai obor dengan berjalan kaki sepanjang Jalan Raya Kemang-Parung, Jum’at (22/10) malam.

Empat desa tersebuat meliputi, Desa Kemang, Desa Pondok Udik, Desa Tegal dan Desa Jampang. Ribuan warga dari 4 desa tersebut membuat jalan di sepanjang Jalan Kemang terang benderang oleh obor yang dibawa masing-masing warga.

Kepala Desa Kemang Entang Suana mengatakan, selain memperingati malam tahun baru Islam, kegiatan ini sekaligus ajang silaturahmi warga, “Kegiatan ini menjadi budaya warga Kemang dalam mengagungkan tahun baru Islam.” ujar Entang kepada PAKAR

Sementara, Ketua Gerakan Amal Soleh Desa Pondok Udik Achmad Soleh mengatakan, kegiatan ini menjadi penting dilakukan ketika kegiatan keagamaan mulai redup. [] Harian PAKAR/Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *