Kota Bogor

75 Peserta Program Sekolah Keluarga Berkualitas IPB University Diwisuda

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University menggelar wisuda bagi para ibu yang telah mengikuti program Sekolah Keluarga Berkualitas (SKB) di Auditorium FPIK, komplek IPB Darmaga pada Sabtu (9/12/2023).

SKB dibentuk untuk meningkatkan kapasitas ibu rumah tangga dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan ketahanan sosial-ekonomi masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim Ernan Rustiadi mengatakan, SKB merupakan program kolaborasi antara Departemen Ilmu Konsumen Keluarga dan Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim.

Dinentuknya SKB untuk meningkatkan kapasitas ibu rumah tangga dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan ketahanan sosial-ekonomi masyarakat.

“SKB merupakan salah satu upaya peneguhan program ‘IPB Hadir’ melalui pengabdian masyarakat dengan tema yang diangkat adalah ‘Membangun Keluarga untuk Generasi Emas Indonesia’ yang telah dilaksanakan dari bulan Oktober-November,” ungkap Ernan Rustandi.

Baca juga  Yuk Wisata ke Agribusiness and Technology Park IPB University

Ernan mengungkapkan, Sebanyak 75 peserta menjadi bagian dari program ini dan mendapat pembekalan dari 8 dosen IKK.

Kegiatan SKB ini berlokasi di Kelurahan Balumbang Jaya, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat dan Desa Benteng, Kabupaten Bogor.

“Beberapa pembekalan yang dibawakan diantaranya perbaikan asah, asih dan asuh keluarga, manajemen keuangan keluarga, keterlibatan aktif orang tua di pendidikan anak, dukungan kolaborasi stakeholder lokal, monitoring kesehatan anak, serta penciptaan lingkungan holistic yang mendukung tumbuh kembang anak untuk mencegah stunting,” ungkapnya.

Sementara, salah satu pengajar SKB, Tin Herawati menjelaskan, peningkatan kualitas SDM harus dilakukan secara komprehensif, termasuk melibatkan keluarga sebagai unit dalam masyarakat.

Menurutnya, keluarga menjadi tonggak utama dalam mewujudkan generasi SDM yang unggul karena berdampak langsung terhadap pembentukan karakter anak.

Baca juga  Pemkot Bogor akan Tutup Lagi Pendestrian SSA Sekitaran KRB di Akhir Pekan

“Partisipasi keluarga dalam membentuk generasi dapat melalui pendidikan dan perkembangan anak, manajemen keluarga serta pentingnya peran model bagi anak-anak,” jelas Tin.

Ia menerangkan, anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga baik, memiliki kecenderungan untuk membentuk keluarga mereka sendiri dengan nilai-nilai yang serupa. Ini dapat menciptakan siklus positif dalam generasi yang akan datang.

“Program ini didukung dengan baik oleh IPB, Pimpinan daerah, pemerintah desa, dan juga masyarakat yang turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Harapannya kegiatan ini dapat memeberikan manfaat seluas-luasnya bagi civitas IPB dan masyarakat yang terlibat,” terangnya.

Dengan demikian pembekalan keluarga berkualitas bagi ibu rumah tangga tidak hanya memberikan dampak pada kesejahteraan keluarga saat ini tetapi juga memberikan kontribusi yang besar terhadap pembentukan generasi yang tangguh dan beretika di masa depan.

Baca juga  Akhir Juli IPB Akan Gelar Kongres Internasional

Salah satu peserta dari Kelurahan Balumbang Jaya, Rista Soraya mengatakan, dengan program SKB ini ibu rumah tangga diberikan pembekalan untuk menciptakan keluarga yang berkualitas.

“Bisa lebih lembut lagi saat mendidik anak tetapi tegas. Mengajarkan nilai-nilai sopan santun dan etika kepada anak dirumah. Terimakasih kepada para pengajar, para dosen dan IPB University, program luar biasa. Harus tetap berjalan,” pungkasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top