Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Surbakti

6 Kecamatan Gabung ke Kota Bogor, Mengurangi Beban Kabupaten

BOGOR-KITA.com – Langkah Pemkot Bogor meminta enam kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dimasujkkan ke wilayah Kota Bogor ramai jadi bahan pembicaraan. Secara umum keberpihakan mengarah ke penolakan. Namun tidak semua. Salah satu pendapat berbeda datang dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota  Bogor Arihta Surbakti.

Menurut Arihta yang dikenal sebagai wartawan senior, permintaan Pemkot Bogor yang disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat  dalam acara Kopdar di Kuningan, Jawa Barat akhir pekan lalu itu, cukup masuk akal.

“Ketimbang pemekaran wilayah/daerah otonom baru yang hanya jadi gula-gula politik,  gabung ke Kota Bogor lebih rasional. Kota nambah luas dan rentang kendali tetap ideal.  Kabupaten mengurangi beban,” kata Arihta kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (18/7/2019).

Kabupaten Bogor terdiri dari 40 kecamatan. Sementara Kota Bogor hanya enam kecamatan.

Oleh sebab itu, menurut Arihta, permintaan Pemkot Bogor agar enam kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dimasukkan ke wilayah Kota Bogor, cukup rasional.

Lebih dari itu, Arihta malah berpendapat, bukan hanya atas permintaan Pemkot Bogor. “Pun bila kecamatan lain diminta oleh daerah tetangga,  seperti Bekasi atau depok,  baiknya dilepaskan saja.  Toh tujuan pemerintah daerah dan marwah otonomi daerah adalah sejahterakan rakyatnya,” kata Arihta.

Apalagi, imbuhnya,  bicara Bogor, Bogor itu satu, yang membedakan hanya administratif saja. Orang kota  tinggal di kabupaten termasuk pejabatnya.  Demikian juga orang Kabupaten Bogor banyak tinggal di Kota Bogor.

“Tak sedikit warga kabupaten yang sehari-harinya berusaha di Kota Bogor, baik pedagang di pasar, pengemudi angkutan umum, pelajar,  mahasiswa, termasuk wartawan,” katanya Arih lagi.

Walau selalu berada di dua sisi administratif, warga tak pernah memusingkan dirinya dengan urusan status warga kota atau kabupaten. “Yang kami tahu adalah bahwa kami warga bogor,” kata Arih.

Ditambahkan, usia Kota Bogor dan Kabupaten Bogor sama. Jadi apa bedanya? “Bogor itu satu.  Ketua PWI Kota Bogor adalah warga Kabupaten Bogor juga. Dengan masuknya enam kecamatan yakni Ciawi, Ciomas, Dramaga, Rancabungur, Sukaraja, Tamansari ke wilayah Kota Bogor, tapal batas wilayah juga lebih teratur, rapi, tidak seperti sekarang,” tutup Arihta yang juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Bogor dari PPP. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *