Nasional

4 Tips Hadapi Resesi Dari Guru Besar IPB Prof Hermanto

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA  – Guru Besar Ilmu Ekonomi IPB University Prof Dr Hermanto Siregar mengapresiasi langkah pemerintah yang memperhatikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di saat resesi akibat covid-19.

“Bagus bahwa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) diperhatikan. Tapi jangan lupa kepada si penyedia komoditas pangan kepada kita semua yakni petani. Berikan juga Bantuan Langsung Tunai (BLT)  kepada para petani yang tidak mampu. Atau bantuan lain seperti bantuan sarana produksi pertanian (saprotan) untuk meningkatkan kinerja usahataninya, ” kata Prof Hermanto dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Jumat (9/10/2020).

Prof Hermanto memberikan tips yang juga bisa digunakan untuk mengatasi resesi ekonomi.

Baca juga  Setelah 10 Tahun BPS Kembali Data Potensi Ekonomi Kota Bogor

Pertama, mendorong petani untuk meningkatkan produksi. Hal ini tidak hanya bisa memperkuat ketahanan pangan, namun juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi agar keluar dari nilai minus.

Kedua, pemerintah harus memberikan BLT kepada siapa saja yang terkategori miskin atau kehilangan pekerjaan. Dengan BLT, mereka menjadi terpenuhi kebutuhan pokoknya walaupun pas-pasan dengan cara membelanjakan BLT yang diterimanya. Belanja tersebut menjadi pendapatan bagi warung, UMKM dan lain-lain. Maknanya, ekonomi menjadi tetap bergerak.

Ketiga, menjaga kesehatan perbankan. Bila perbankan sehat maka kebutuhan bisnis termasuk UMKM dan pertanian terhadap modal kerja dan investasi tetap bisa dipenuhi. Bila hal tersebut terjadi, dengan sendirinya ekonomi bertumbuh lebih cepat.

Baca juga  Peneliti IPB : Tim Adhoc Jadi Kunci Bupati Tekan Angka Money Politic di Pilkades

Keempat, sebagai rumah tangga yang masih memiliki dayabeli, utamakanlah membeli barang-barang yang dihasilkan oleh rumah tangga atau usaha mikro kecil di sekitar. Jangan malah meningkatkan tabungan. Tingkatkan belanja dan berbagilah, agar tetangga yang tidak mampu bisa tertopang kebutuhannya. Hal ini juga Insya Allah akan mendatangkan keberkahan.
Prof Hermanto mengingatkan, masyarakat harus menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

Kemudian, meskipun tidak seleluasa saat normal, tetaplah bekerja dan jaga bahkan tingkatkan produktivitas atau kinerja. Lalu, sukseskan program pemerintah, terutama yang nyata-nyata berpihak kepada UMKM dan petani.

“Terakhir, perbanyak berdoa, agar Allah SWT menolong kita semua dan negara ini keluar dari resesi dan kesulitan lainnya,”  tutup Prof Hermanto. [] Admin

Baca juga  Jika Tol Trans Jawa Berlakukan One Way, Ini Tips Mengatasi Macet
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top