Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman selaku pembina Upacara Peringatan 57 tahun Hari Pramuka Ke-57 Tingkat Kota Bogor, di Lapangan Wira Yudha Pusdikzi Kodiklat TNI-AD, Kota Bogor, Sabtu (18/8/2018).

Usmar Hariman: Pramuka Mencetak Calon Pemimpin Bangsa

BOGOR-KITA.com – Gerakan Pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin Bangsa Indonesia. “Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar. Gerakan Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia,” kata Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman selaku pembina Upacara Peringatan 57 tahun Hari Pramuka Ke-57 Tingkat Kota Bogor, di Lapangan Wira Yudha Pusdikzi Kodiklat TNI-AD, Kota Bogor, Sabtu (18/8/2018).

Pramuka perekat NKRI yang menjadi tema dalam Hari Pramuka Ke-57 menurut Usmar jika diterjemahkan dan diurai, nilai-nilai itu semua terdapat dalam Dasa Dharma Pramuka.

“Ada tiga hal penting, yakni penguatan disiplin diri, penguatan disiplin sosial dan penguatan disiplin terhadap nilai-nilai kebudayaan. Jika ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan bisa menjadi jati diri Pramuka yang tangguh dan tidak mudah ditembus pengaruh negatif, baik langsung maupun melalui perkembangan teknologi. Disamping itu juga Pramuka mampu menjadi ujung tombak perubahan karakter generasi muda,” jelasnya.

Melalui Hari Pramuka Ke-57, Usmar mengingatkan para anggota Pramuka Kota Bogor, dengan perpaduan disiplin diri yang kuat, disiplin sosial yang mantap, disiplin nilai-nilai budaya dan hubungan sosial yang erat ditambah iman serta taqwa yang kuat, dalam.kurun waktu 5 sampai 15 tahun akan hadir generasi yang lebih baik, lebih tangguh dan jauh lebih disiplin dalam mempertahankan  dan membangun NKRI.

“Jadilah pramuka dengan jati diri sesungguhnya, menjadi unsur bagian masyarakat yang tangguh dan mampu memberikan pengaruh-pengaruh positif terhadap masyarakat dan lingkungan, menjadi agen perubahan yang mempertahankan nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal NKRI,” pesan Usmar.

Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter dan kompetensi IPTEK berbasis kecakapan yang kelak menjadi bekal hidup (life skill) kaum muda Indonesia.

Dalam upacara itu Usmar Hariman bersama  Muspida dan jajaran pengurus Kwarcab Pramuka Kota Bogor memberikan tanda penghargaan kepada 200 orang anggota Pramuka Kota Bogor sebagai Pramuka Garuda.

Selain Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman selaku Wakil Majelis Pembimbing Kwarcab (Mabicab) Kota Bogor turut hadir Camat Se-Kota Bogor, Pimpinan Saka Se-Kota Bogor, Andalan Kwarcab Kota Bogor, Ketua Kwarran Se-Kota Bogor, Mabigus Se-Kota Bogor dan seluruh Anggota Gerakan Pramuka Kota Bogor.

Sebelumnya, pada 7 Agustus 2018 Kwarcab Kota Bogor telah mengadakan ziarah dan tabur bunga kepada tokoh Pramuka di Kota Bogor di pelataran TMP Dreded Kota Bogor dan melaksanakan Ulang Janji yang dipimpin oleh Ketua Kwarcab Kota Bogor Ade Sarip Hidayat sebagai pembina upacara.

Sebelum Upacara peringatan Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018 Tingkat Kota Bogor berakhir, dilakukan penganugerahan tanda penghargaan lencana Darma Bakti kepada 5 pembina Kwarcab Kota Bogor.

Pada bagian akhir ditampilkan pagelaran seni kolosal dari Satuan Karya (Saka) Kwarcab Kota Bogor dan suguhan Tari Poco-Poco yang dipersembahkan 150 penari, dimana Ketua Kwarcab Kota Bogor bersama para Muspida Kota Bogor ikut menari menjadi sajian penutup. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *