Kota Bogor

Usmar Buka Laga Eksibisi Barongsai PON XIX/ 2016

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 712 atlet cabang olahraga (cabor) barongsai yang mewakili 15 provinsi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/ 2016 tampil dalam eksibisi barongsai, Kamis (22/9/2016) di GOR Pajajaran. Laga eksibisi ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 22 sampai 25 September 2016. Acara diresmikan oleh Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman dengan pemukulan bedug bersama.
Ketua Panitia sekaligus Ketua Bidang PB Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Arifin Himawan menyampaikan, PON ke-XIX Jawa Barat tahun 2016 ini merupakan kesempatan besar untuk membuktikan olahraga barongsai sebagai cabang olahraga yang layak dibanggakan.
Ajang ini, sambung Arifin, merupakan investasi bagi cabang olahraga barongsai dalam membangun prestasi, menguji kepanduan, dan mempererat persatuan. Tidak hanya itu, cabor ini sekaligus sebagai media pemersatu masyarakat karena juga memiliki unsur budaya.
Sementara itu, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman menyampaikan, barongsai diharapkan mulai dipertandingkan di PON 2020 yang akan datang. Ini tentunya merupakan perjalanan panjang bagi FOBI untuk meyakinkan bahwa olahraga barongsai sudah sangat layak untuk menjadi salah satu cabor yang dipertandingan di PON.
Tidak hanya keterampilan fisik dan kekuatan tenaga, menurut Usmar, juga dibutuhkan nilai-nilai seni dan nilai-nilai budaya dala pertunjukan barongsai. “Hal ini yang harus dibuktikan oleh FOBI dan seluruh atlet barongsai Indonesia, bahwa cabor barongsai dan liong sudah sangat mumpuni untuk menjadi olahraga kebanggaan bangsa Indonesia dari sabang sampai merauke,“ paparnya. [] Admin

Baca juga  Pengusaha Hotel di Kota Bogor Sumringah Jelang Libur Nataru
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top