Untung Kurniadi Sukses Hela Kemajuan PDAM Tirta Pakuan

Untung Kurniadi (kanan)

BOGOR-KITA.com  – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengalami kemajuan signifikan tahun 2014. Tahun 2015 ini, sejumlah perencanaan dan program terus disiapkan untuk lebih memajukan salah BUMD milik Pemerintah Kota Bogor ini.

Dalam penyampaian kinerja PDAM Kota Bogor tahun 2014, Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Bogor, Untung Kurniadi mengatakan, kemajuan signifikan telah diraih oleh PDAM sejak tiga tahun terakhir. Sejak tahun 2012, PDAM tidak pernah menaikan tarif, namun tetap terjadi peningkatan di berbagai sektor.

Kenaikan tersebut, pertama terlihat dari jumlah pelanggan yang meningkat dari 118 ribu menjadi 129 ribu di tahun 2014. Kedua naiknya cakupan pelayanan dari 67 persen menjadi 78 persen. Ketiga naiknya aktiva produktif dari Rp300 miliar menjadi Rp400 miliar. Keempat, menurunnya tingkat kehilangan air 1 persen. Kelima, naiknya laba kotor PDAM yang saat ini mencapai Rp55 miliar dan merupakan laba terbesar sejak PDAM Tirta Pakuan berdir,i dengan catatan tidak adanya kenaikan tarif sejak tahun 2012.

“Ini menunjukan bahwa PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor berada dalam track yang tepat, lajur yang benar dan mampu memaksimalkan pendapatan, mampu mengefisiensi pengeluaran sehingga berdampak kepada naiknya tingkat laba, tetapi masih di bawah 10 persen dari aktiva produktif, karena berdasarkan Permendagri nomor 23 tahun 2006 tentang pedoman teknis tariff PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor adalah laba yang wajar PDAM adalah 10 persen dari aktiva produktif,” jelas Dirut PDAM Untung Kurniadi.

Untung mengatakan, laporan kinerja PDAM Kota Bogor tahun 2014 baru dilaporkan karena setelah tutup buku 2014 langsung melanjutkan opname dan melakukan audit keuangan kinerja PDAM Kota Bogor, sehingga padatnya kegiatan membuat pelaporan sedikit terlambat.

Saat ini PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor masih dalam pembenahan-pembenahan, dan apabila seluruh karyawan solid dan kompak dalam melaksanakan kinerjanya masing-masing, maka akan menghasilkan keberhasilan kemajuan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

 “Oleh karena itu di tahun 2015 ini, PDAM sedang melakukan penjajakan pembangunan spam Katulampa dengan kapasitas 2 kali 33 liter per detik dan peningkatan instalasi pengelolaan air di Rancamaya dengan 40 liter per detik akan dikembangkan menjadi 200 liter per detik,” bebernya.

Untung menambahkan, target PDAM di 2015 ini di antaranya, menurunkan lagi tingkat kehilangan air, menambah 11 ribu jumlah pelanggan, menstabilkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pengaliran dan mengantisipasi terjadinya gangguan pengaliran.

“Kami optimis dan yakin target itu akan tercapai, dan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor akan tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Bogor,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *