Kab. Bogor

Universitas Pakuan Gelar FGD Pengembangan Ekonomi Desa

BOGOR-KITA.com, CIJERUK- Universitas Pakuan (Unpak) melaksanakan Focus Grup Discussion(FGD) “model pengembangan ekonomi desa berbasis kawasan, kawasan perdesaan Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor tahun 2022.

FGD sendiri dilaksanakan di ruang aula kantor kecamatan dengan dihadiri peserta FGD dari 4 Desa Tanjung Sari, Warung Menteng, Cibalung dan Desa Cipicung serta Sekcam serta PLKB Kecamatan Cijeruk.

Asisten program studi perencanaan wilayah dan kota Unpak, Dr Mujio menerangkan, Kecamatan Cijeruk merupakan penyangga Kawasan Ekonomi Khusus( KEK) di Lido Cigombong. Sehingga perlu adanya penataan khusus untuk kawasan di Kecamatan Cijeruk, yaitu pariwisata,UMKM dan potensi perkebunan yang terdapat di setiap Desa.

“Untuk hari ini 4 desa, tapi sebelunya desa yang lain juga sudah melaksanakan FGD. Selain diskusi kita juga turun ke lapangan guna melihat potensi yang ada di setiap desa. Contohnya, Desa Cipelang apa potensi wilayahnya, wisatanya, pertanianya atau perikanan. Desa Palasari contohnya, UMKM atau pariwisata, nah ini perlu adanya pengembangan di seluruh sektor, sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga,”ujarnya.

Baca juga  Universitas Pakuan Puji Program Pancakarsa Ade Yasin

Ia berharap, FGD ini dapat mengembangkan potensi di setiap desa yang ada di Kecamatan Cijeruk. Sehingga kedepanya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan PAD dan mensejahterakan masyarakat.

“Selama tiga bulan ini kita turun kelapangan, namun karena bulan puasa kita libur dulu dan dilanjut pada hari ini, kami kembali berdikusi dengan staf desa dan juga masyarakat pengelola wisata apa yang terbaik untuk meningkatkan potensi wilayah, dan kedepanya saya berharap semoga FGD ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Cijeruk,” bebernya.

Sementara, Sekcam Cijeruk Farulloh mengatakan, FGD pengembangan kawasan ekonomi ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dan universitas tidak sebagai menara gading, mahasiswa atau unirversita menjadi tempat diskusi untuk kepentingan masyarkat,vseperti pengembangan ekonomi atau pengembangan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga  IPB Gelar Pelatihan Penulisan Ilmiah untuk Jurnal Internasional

“Dengan Universitas Pakuan kita telah beberapa kali bekerja sama untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Contohnya, kemarin dengan pihak Unpak dan diresmikan oleh kemenpraf, yaitu kawasan wisata di Desa Tajur Halang, sekarang kembali kita kerja sama dengan Unpak untuk berdiskusi mengenai pengembangan potensi wilayah dengan harapan kita dapat terus bekerja sama dengan pihak Unpak bukan hanya FDG saja tapi dengan program yang lainya,” tandasnya. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top