Laporan Utama

Toko Modern di Bogor Ramai-Ramai Dukung “Botak”

BOGOR-KITA.com –  Toko modern di Kota Bogor, yang besar dan yang kecil, ramai-ramai dukung “Botak”, yakni Bogor tanpa kantong plastik. Demikian dikemukakan Walikota Bogor Bima Arya terkait pelaksanaan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 61/2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik yang mulai berlaku 1 Desember 2018.

“Toko modern yang tidak disangka mendukung penuh terlaksananya Perwali Nomor 61 ini. Hampir tidak ada yang menolak. Awal-awal banyak yang bertanya-tanya, tetapi kemudian lama-lama mereka paham dan mendukung. Saya melihat banyak retail modern, minimarket yang memasang sendiri pengumuman tentang larangan kantong plastik ini,” kata Bima, pada hari pertama atau kick-off Bogor tanpa kantong plastik di Lippo Plaza Ekalokasari, Kota Bogor, Sabtu (1/12/2018).

Baca juga  Kelurahan Kedung Halang Juara Lomba 10 Program Pokok PKK

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor Elia Buntang, enam camat se-Kota Bogor, komunitas penggiat lingkungan, kader PKK hingga Pramuka.

Sebagai pengganti kantong plastik, Bima Arya memberikan beberapa pilihan kepada warga, mulai dari bisa membawa tas ramah lingkungan dari rumah, atau memanfaatkan tas daur ulang hasil kreatifitas ibu-ibu PKK di wilayahnya masing-masing.

Kick Off Perwali Nomor 61/2018 itu juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama antara Walikota Bogor dan seluruh pelaku usaha retail modern se-Kota Bogor. Kemudian, secara simbolis Bima Arya melakukan pemotongan kantong plastik yang kemudian dikemas dalam metode Ecobrick.

Ecobrick adalah metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat. Tujuan dari ecobrick sendiri adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna. Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya yang bahkan memiliki nilai jual. Metode ini terbukti mengurangi jumlah sampah plastik di Kanada. [] Admin

Baca juga  Naturalisasi Ciliwung, Bima Perintahkan Satpol PP Tegakkan Hukum
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top