Kab. Bogor

TOD Bojonggede Picu Semarak Pembangunan di Kawasan Cibinong

BOGOR-KITA.com – Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappedalitbang Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, rencana BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) membangun Terminal Tipe A di Bojong Gede akan dibarengi dengan tekad Pemkab Bogor menata Cibinong Raya menjadi pusat kegiatan Kabupaten Bogor. Kawasan Bojonggede yang selama ini dianggap merupakan daerah terjepit akan berubah menjadi salah satu sentral transportasi, yang menyemarakkan pembangunan di kawasan Cibinong.

Nantinya, kawasan Kecamatan Bojonggede akan menjadi salah satu titik TOD (Transit oriented development). TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti Busway/BRT, Kereta api kota (MRT), Kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi jaringan pejalan kaki/sepeda. Dengan demikian perjalanan akan didominasi dengan menggunakan angkutan umum yang terhubungkan langsung dengan tujuan perjalanan. Tempat perhentian angkutan umum mempunyai kepadatan yang relatif tinggi dan biasanya dilengkapi dengan fasilitas parkir, khususnya parkir sepeda.

Baca juga  Sekda Bahas Prioritas Pembangunan Di Kecamatan Tanah Sareal

Pengembangan TOD sangat maju dan telah menjadi tren dikota-kota besar khususnya di kawasan kota baru yang besar seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea, Hongkong, Singapura, yang memanfaatkan kereta api kota serta beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropah.

“Warga di bagian barat Kabupaten Bogor nanti enggak usah ke Stasiun Bogor bila mau bepergian. Cukup ke sini (TOD Bojonggede), karena Tol Jagorawi II itu akan nyambung ke Dramaga dan belok ke sini. Kasihan Kota Bogor tuh, sudah lebih 150.000 kendaraan per hari. Makin macet. Nanti, kendaraan akan bergeser ke kita (Kabupaten Bogor),” jelas Ajat, di Cibinong, Rabu (7/8/2019).

Ajat menegaskan, pembangunan di Kabupaten Bogor yang hanya bersandar pada APBD tidak akan mencukupi. Jadi perlu investor agar perkembangan daerah lebih cepat. Dia juga memaparkan, rencana pembangunan TOD Bojonggede saat ini masih pada tahap kajian di Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Baca juga  Pemkot Matangkan Pembangunan Sentra Kuliner Sukasari

”Jadi kalau masih ngandelin APBD sepenuhnya, (proyek TOD) tidak akan jalan. Jika terlalu pelan, kapan beresnya dan majunya Kabupaten Bogor,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Edi Nursalam mengatakan, Desa Susukan adalah lokasi yang sudah dipilih untuk pengembangan TOD.

Selain ada Stasiun Bojonggede, kata Edi juga, Desa Susukan juga ujung dari jalan Tol Antasari-Depok (Desari) yang menghubungkan Kota Depok dengan Jakarta Selatan. ”Nanti kita bangun shelter di situ, kemudian itu bisa bangun terminal tipe A,” katanya, Senin (5/8/2019).

Pengembangan TOD di wilayah tersebut, kata Edi, akan berdampak besar dari sisi ekonomi wilayah Kecamatan Bojonggede. Salah astunya, membuat kelancaran pengguna angkutan umum dari berbagai daerah.

Tidak bisa mengandalkan APBN dan APBD yang terbatas, maka nantinya pembangunan TOD akan dibebankan kepada investor atau pihak swasta yang ingin bekerja sama.

Baca juga  Direvitalisasi, Target Pembangunan RSUD Rampung Maret 2017

”Kita berikan mereka (investor). Kami tugaskan mereka membangun terminal, jadi dapat terminalnya dan ada kolaborasi, mereka membangun mal atau apa di situ, pemerintah nanti terima gratis,” jelas Edi.

Diakui Edi, pengembangan TOD sendiri sudah dibuat BPTJ di beberapa terminal tipe A, salah satunya di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. ”Mungkin nanti berkembang juga ke Jatijajar, ke Cibinong, nanti kita bicarakan lebih lanjut,” ungkapnya.

Nantinya, lokasi itu jadi pusat bertemunya transportasi publik mulai dari kereta, bus dan angkutan kota. Pembangunan TOD itu akan menggandeng pihak swasta. Di lokasi TOD nantinya, akan dibangun terminal tipe A, pusat perbelanjaan, apartemen/rusun. Dipastikan, TOD akan jadi pusat ekonomi baru bagi Kecamatan Bojonggede. [] Admi /Pkr

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top