27 Majelis Bimbingan Gugus Depan (Mabigus) Kwaran Gerakan Pramuka Bogor Barat mengikuti Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD) di SDN Sindangbarang 3, Kota Bogor, Jumat (1/2/2019).

Tingkatkan Kemahiran Pramuka, 27 Mabigus Ikut KMD

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 27 Majelis Bimbingan Gugus Depan (Mabigus) Kwarting Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Bogor Barat mengikuti Kursus Mahir Pembina Tingkat Dasar (KMD) di SDN Sindangbarang 3, Kota Bogor, Jumat (1/2/2019).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepramukaan ini menyasar para kepala sekolah atau guru di SD/SMP Se-Kecamatan Bogor Barat yang dibuka Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat.

“KMD ini merupakan program kerja Binawasa Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor pada 2018 namun baru bisa direalisasikan sekarang,” ujar Ade.

Ade mengatakan, tujuan dari KMD ini yakni ingin meningkatkan kemahiran pembina pramuka terutama para Mabigus agar semakin berkualitas. Pasalnya saat ini Kwaran Bogor Barat sudah menjadi Kwaran tergiat sehingga akan sangat bagus jika diikuti dengan kualitas pembina pramukanya.

“Saya suka karena peserta didominasi kepala sekolah yang merupakan Ka Mabigus. Kalau Ka Mabigusnya paham pramuka jadi bisa memantau kegiatan pramuka di sekolahnya. Saya harap program ini berjalan baik dan bisa menghasilkan kualitas pembina yang baik,” jelasnya.

Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Bogor Barat, Ikat Karmawan mengatakan, dengan mengikuti KMD para Mabigus ini akan lebih memahami amanah yang tertuang dalam UUD Pramuka yang memang sudah masuk ke dalam kurikulum sekolah.

Di KMD yang diselenggarakan selama enam hari dari Jumat (01/02) sampai (06/02) mendatang ini peserta akan diajari semua teknik di kepramukaan sekaligus membentuk karakternya. Sehingga setelah dari KMD ini Mabigus membawa bekal keterampilan dan disiplin pramuka yang harus ditularkan kepada anak didiknya.

“Setelah KMD ini ada lanjutannya yaitu KML dan di KML nanti peserta harus membuat Narakarya,” katanya. [] Admin/ Humpro Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *