Kota Bogor

Tingkatkan Ekonomi Warga, Kecamatan Bogor Selatan Dirikan D’Doyan dan Kumbang

Kecamatan Bogor Selatan dirikan Domba Pamoyanan (D'doyan)

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Untuk meningkatkan ekonomi warga, Kecamatan Bogor Selatan akan membuat program pengembang biakan dan olahan domba di Kelurahan pamoyanan dengan nama D’Doyan (Domba Pamoyanan).

Hal itu diungkapkan Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh saat ditemui di Kantor DPRD Kota Bogor pada Rabu (28/4/2021).

Menurut Hidayatulloh program D’Doyan tersebut menjadi fokus untuk penguatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari hari.

“Selain D’Doyan kami juga memiliki program (kumbang) Komunitas UMKM Mulyaharja Berkembang. Bagaimana penguatan ekonomi menjadi fokus kami dalam rangka memenuhi kebutauhan pangan sehari hari,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa saat ini kedua program tersebut baru dalam tahap awal. Selain itu, pihaknya juga kedepan ingin pengembangan kuliner khas domba.

Baca juga  13 Kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan Rawan Longsor

“Kita berharap dinas terkait bisa hadir untuk mengedukasi khususnya untuk warga kami dalam melatih mengolah masakan khas timur tengah yang berbahan domba. Selain edukasi mengolah makanan, ada edukasi bagaimana cara breeding atau budidaya domba tersebut,” katanya.

Untuk memajukan kedua program itu, pihaknya akan melakukan kolaborasi dengan Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk sehingga Kota dan Kabupaten Bogor bisa terintegrasi.

“Intinya memanfaatkan lahan-lahan tidur yang belum digunakan, supaya ada daya guna untuk masyarakat. Ini juga bagian dari implementasi program Pemkot Bogor dan pemerintah pusat dalam ekonomi recovery,” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih terus melakukan upaya penguatan karena memang pembuatan program D’Doyan dan Kumbang baru sekian persen sehingga belum maksimal.

Baca juga  2021, Camat Bogor Selatan Fokus Perkuat Ekonomi Masyarakat

“Harapan saya ini menjadi role model buat wilayah lain bahwa D’Doyan ini harus berkembang menjadi keunggulan koperatif di wilayah pamoyanan, sehingga sumber daya alam yang memungkinkan untuk dikembangkan,” tutupnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top