Kota Bogor

Temukan Jentik DBD, Bima Minta Tim Gertak Lebih Teliti Melakukan Pengecekan

BOGOR-KITA.com – Walikota Bogor Bima Arya turun mengecek  rumah penduduk untuk melihat secara langsung ada tidaknya jentik nyamuk DBD. Pengecekan ini dlakukan Bima bersama jajaran Dinkes Kota Bogor seusai pencanangan dan deklarasi Tim Gertak PSN 3M Plus di Balumbang Jaya, Jumat (1/2/2019).

Pengecekan langsung ke rumah warga dilakukan seusai pencanangan dan deklarasi Gertak PSN 3M| Plus.

Adapun tempat-tempat yang sempat diperiksa secara langsung oleh Bima adalah SDN Balumbang Jaya, rumah warga dan PAUD di RT.002 RW.004.

Dalam pengecekan itu Bima menemukan jentik nyamuk di penampungan air dispenser milik salah seorang warga dan air hujan yang tertampung.

Tak ayal Bima langsung mengeluarkan imbauan agar tim Gertak PSN 3M Plus lebih teliti memeriksa titik yang berpotensi nyamuk bersarang.

Baca juga  Cegah DBD, Kecamatan Bogor Barat Gelar Gertak Pemberantasan Sarang Nyamuk

Gertak PSN 3M Plus di Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat merupakan bagian dari Gertak PSN 3M Plus yang dilakukan di 68 kelurahan di Kota Bogor.

Program PSN, yaitu: 1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti 1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk; 3) Menggunakan kelambu saat tidur; 4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk; 5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah; 7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. [] Admin/Humpro Pemkot Bogor

Baca juga  Covid-19 Kota Bogor 22 Mei 2021: Positif 21, Sembuh 12, Kasus Aktif 291
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top