Olahraga

Stadion Pakansari Salah Satu Kandidat Pusat Klaster 1 Liga 1 2021

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Stadion Pakansari Cibinong yang sudah bertaraf internasional, menjadi salah satu kandidat stadion yang bakal dipakai untuk Liga 1 Indonesia 2021 dari Klaster 1. Hal ini terungkap dalam Kongres Luar Biasa PSSI di Jakarta, Sabtu (29/5/2021) malam.

Menurut Wakil Ketua PSSI Iwan Budianto, Liga 1 2021/2022 akan mulai digelar Juli 2021 dengan format liga namun berlangsung dengan cara ‘bubble to bubble. dalam satu musim Liga 1 akan menggelar 306 pertandingan dengan promosi dan degradasi.

“Liga 1 tetap berlangsung dengan format liga. Ada 306 pertandingan, tetapi sistemnya berbeda dengan sebelumnya yaitu ‘bubble to bubble’,” terang Iwan Budianto kepada pers.

Iwan menjelaskan soal konsep ‘bubble to bubble’ atau gelembung ke gelembung. Nantinya Liga 1 dibagi menjadi enam seri yang digelar di tiga klaster di Pulau Jawa dan, proyeksinya masih tanpa penonton.

Baca juga  Direksi Tira Persikabo Minta Maaf atas Peristiwa Penyerangan Bus Persib

Klaster pertama meliputi Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga Jawa Timur.

Nantinya, seri satu akan berlangsung di klaster pertama, seri dua di klaster kedua, seri ketiga di klaster ketiga. Lalu berlanjut ke seri keempat yang tetap di klaster ketiga, lalu seri kelima di klaster kedua dan seri keenam atau terakhir kembali lagi ke klaster pertama.

“Stadion yang akan digunakan terutama stadion yang sudah lolos verifikasi PSSI, lebih baik lagi sudah standar internasional,” sambung Iwan. Untuk Klaster 1 Jawa Barat,
Stadion Pakansari Cibinong pernah dipakai sebagai partai final Asian Games dan beberapa pertandingan internasional. Termasuk saat PSM Makassar menjalani pertandingan home antarklub AFC pada 2019.

Baca juga  Persikabo 1973: Gelar Turnamen Tak Ada Urgensinya, PSSI Fokus ke Persiapan Musim 2021

“Setelah menyelesaikan satu seri yang berlangsung sekitar 1,5 bulan, setiap tim mendapatkan libur beberapa minggu untuk berlatih dan bisa juga menghilangkan kejenuhan. Kemudian, mereka bertanding lagi di seri berikutnya,” tutur Iwan.

Selama berkompetisi, dia melanjutkan, klub-klub akan tinggal di hotel yang berada di klaster pertandingan dengan biaya ditanggung PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hal itu memudahkan PSSI dan LIB untuk memantau pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Iwan pun menambahkan bahwa jadwal Liga 1 2021-2022 sepertinya mundur dari rencana menjadi 10 Juli 2021. Dengan target selesainya tetap Maret 2022.

Berikut format seri di Liga 1 Indonesia musim 2020/2021.

Klaster 1: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.
Klaster 2: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Klaster 3: Jawa Timur.

Baca juga  Semifinal Piala FA: Chelsea Coba Ganjal Ambisi Manchester City

Daftar Seri:
Seri Pertama: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta (klaster 1).
Seri Kedua: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (klaster 2).
Seri Ketiga: Jawa Timur (klaster 3).
Seri Keempat: Jawa Timur.
Seri Kelima: Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Seri Keenam: Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta.

[] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top