Kota Bogor

Setelah Meluncurkan Rute Angkot Digital, Pemkot Bogor Gagas Peta Tata Ruang Digital

Bima luncurkan rute angkot digital

BOGOR-KITA.com –  Panta rei, terus mengalir, kata sastrawan Sutan Takdir Alisyahbana dalam buku “Menang dan Kalah.”  Panta rei, semua bergerak menuju perubahan yang lebih baik, kata Proklamator Republik Indonesia, Ir Soekarno dalam buku “Di Bawah Bendera Revolusi.”

Bima dan Usmar mungkin belum pernah menyebut panta rei, dua kata milik filosof Yunani, Heraclitus. Tetapi produk keduanya nyaris tak pernah berhenti, alias terus mengalir, terus mengusung perubahan, panta rei menuju Kota Bogor yang lebih baik.

Dalam satu ahun kepemiminan Bima-Usmar sudah begitu banyak yang diproduksi menuju Kota Bogor yang lebih baik, mulai dari Bogor Green Room, taman, tanam pohon mempercantik kota, dan lain sebagainya.

Baca juga  Buka Sosialisasi CHSE untuk Hotel dan Resto, Bima Arya: Kuncinya Trust

Terakhir, Pemkot Bogor meluncurkan peta saku dan website rute angkot. Acara yang terselenggara atas kerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) ini dihelat di Plaza Balaikota Bogor, Kamis (4/6/2015). Peluncuran dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini, ditandai dengan penabuhan gendang secara bersama-sama oleh Walikota Bogor Bima Arya dan Kepala BIG Priyadi Kardono di hadapan segenap tamu undangan dari jajaran Pemerintah  Kota Bogor.

Dalam sambutannya Bima mengaku salut atas prestasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BIG atas tantangan yang diberikan oleh Bima saat menjadi narasumber dalam orientasi CPNS. “Saya tidak menyangka tantangan yang dilontarkan dua bulan lalu kini jadi kenyataan. Luar biasa,” puji Bima. Prestasi ini pun, lanjut Bima, menjadi istimewa tidak lain karena peta rute angkot ini berkaitan dengan program prioritas Kota Bogor terkait masalah kemacetan.

Baca juga  Pemkot Bogor Larang PKL Berjualan, Kompensasi dengan Pelatihan e-Commerce

Panta rei. Terinspirasi kesuksesan rute digital ini, Bima kemudian menantang kembali CPNS BIG untuk bisa mengembangkan aplikasi yang mencakup tata ruang Kota Bogor. “Kita punya mimpi memiliki software peta tata ruang yang mencakup bangunan baru termasuk memonitor perizinannya,” ungkap Bima. Semua konsep digitalisasi ini menurut Bima sejalan dengan konsep smart city di mana teknologi dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pelayanan warga. 

Dalam kesempatan tersebut, Bima berkesempatan menggunakan website rute angkot yang dapat diakses melalui angkotkotabogor.big.go.id. Selain menyediakan layanan rute angkot, website ini juga memudahkan penggunanya untuk mengetahui rute jalan layaknya GPS. Website ini dilengkapi informasi 1198 titik menarik di sekitar Kota Bogor yang meliputi lokasi kuliner, tempat hiburan, hotel, dan lainnya. [] Admin

Baca juga  Pemkot Bogor Dukung Penyaluran Bansos PKH Non Tunai
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top