Regional

Seameo Biotrop Bogor, Pusat Penelitian Terdepan di Asia Tenggara

Seameo Biotrop

BOGOR-KITA.com – Berdiri pada  Februari 1968, Seameo Biotrop yang berkantor pusat di Bogor, kini berkembang menjadi usat penelitian regional dan bidang biologi trofika terdepan di Asia Tenggara. Seameo Biotrop bahkan memiliki mandat untuk melaksanakan kegiatan yang menekankan pada aspek pemberdayaan sumber daya manusia di Asia Tenggara.

Pada acara puncak perayaan hari jadinya ke 47, Seameo Biotrop terus mengembangkan diri dengan menggandeng mitra-mitra guna menjalankan aneka program pemberdayaan masyarakat. Dalam acara peringatan hari jadi ke-47, dijelaskan visi Seameo Biotrop untuk 5 tahun ke depan, yaitu menjadi pusat yang terdepan dalam memperkaya dan mempromosikan nilai-nilai nyata biologi tropis di Asia Tenggara serta menegaskan nilai-nilai utama yang menjadi prinsip yang harus dianut oleh setiap staf Biotrop, yaitu komitmen, integritas, tanggung jawab, kompetensi, inovatif dan unggul.

Baca juga  Peta Risiko Jabar: 4 Zona Merah, 10 Zona Oranye, 13 Zona Kuning

Acara ini sekaligus dimanfaatkan sebagai momentum sosialisasi program, kegiatan dan hasil-hasil yang telah dicapai Seameo Biotrop bersama mitra serta menumbuhkan kebersamaan dan kerjasama dengan pemerintah, swasta dan masyarakat luas.

Direktur Seameo Biotrop, Irdika Mansur dalam acara yang digelar, Senin (23/2/2015), mengatakan, untuk memperluas dan meningkatkan efektifitas program dan kegiatannya, Seameo Biotrop telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional dengan melakukan penandatanganan kerjasama sebanyak 139 MoU di tingkat nasional dan 21 MoU di tingkat Internasional.

“Kerjasama di tingkat internasional melibatkan berbagai negara di Asia Tenggara seperti Brunei, Malaysia, Singapore, Thailand dan Vietnam. Kegiatannya meliputi kajian bersama, pelatihan (training) untuk pemberdayaan masyarakat kalangan akademisi dan sekolah, serta mengembangkan pusat-pusat kajian yang spesifik,” papar Irdika.

Baca juga  PSBB di Bogor: Kenderaan Masuk Jagorawi Turun 50 Persen

Masih kata Irdika, mitra Biotrop semakin terus mengalami peningkatan. Bahkan semua produk yang dihadirkan saat ini dalam one stop shop merupakan hasil penelitian dari Biotrop, IPB maupun mitra lainnya. Produk itu juga sudah diadopsi oleh masayarakat maupun kalangan industri. “Jadi Biotrop ini hanya melakukan penelitian yang disalurkan ke masyarakat dan membuat kesejahteraan mereka meningkat,” katanya.

Ke depan Seameo Biotrop akan terbuka untuk umum dan bagi siapapun yang mau belajar atau meneliti. Terkait pemberdayaan kepada masyarakat, saat ini ada program yang dikerjasamakan oleh mitra kepada masyarakat untuk mengembangkan produk Talas Jepang dalam upaya meningkatkan pendapatan petani khususnya di wilayah Bogor,” pungkasnya. YUD

Baca juga  Universitas Pakuan Bogor Pernah Mandapat Bantuan 30 Unit Komputer dari Yayasan Supersmar
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Biotrop Adalah | www.biotrop.org - DataMasuk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top