Kota Bogor

Sadar Pentingnya Deteksi Dini, Warga Tansa Manfaatkan Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis

BOGOR-KITA.com – Momen deteksi kanker servik dengan menggunakan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) secara gratis yang digelar dalam rangka hari Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK KB Kes, dimanfaatkan dengan baik warga Kelurahan Tanah Sareal. Dalam sehari tidak kurang dari 5 sampai 7 orang mendatangi Puskesmas Tanah Sareal untuk mendapat layanan pemeriksaan.
Menurut Indri salah satu bidan pelaksana di Puskesmas Tanah Sareal, sejak dicanangkan pada tanggal 19 September 2016 hingga Selasa, 27 September 2016, jumlah warga yang mendapat pelayanan pemeriksaan IVA mencapai 54 orang. “Jumlah ini belum termasuk pemeriksaan hari ini yang masih terus berlangsung,” ujar Indri yang ditemui usai melakukan pemeriksaan IVA kepada seorang ibu muda warga Tanah Sareal, Rabu (28/9/2016).
Indri menambahkan, dalam sehari Puskemas Tanah Sareal melayani 5-7 warga yang ingin diperiksa IVA. Usia rata-rata warga yang ingin diperiksa antara 30-59 tahun. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan hingga saat ini belum ditemukan warga yang IVA positif. “Yang kami temukan baru radang dimulut rahim atau cervisitis,” jelas Indri. “Pasien tersebut langsung kami tindak lanjuti dengan pengobatan,” tambahnya.
Sementara itu, menurut salah seorang warga Tanah Sareal Citra Agustina (29 th) yang baru saja diperiksa mengatakan, ia mengetahui program ini dari internet. Tanpa berfikir panjang Citra bersama temannya Nita langsung mendatangi Puskesmas Tanah Sareal. “Kami berdua sengaja mengikuti pemeriksaan IVA sebagai deteksi dini,” aku Citra. “Program ini sangat bagus karena setiap wanita harus tau apakah mereka itu terdeteksi IVA positif atau tidak. Melalui pemeriksaan ini kita jadi lebih waspada,” tandasnya. [] Admin

Baca juga  Warga Antusias Deteksi Dini Kanker Serviks
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top