Kel. Cilendek Timur Sukses Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA

Kel. Cilendek Timur Sukses Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA

BOGOR-KITA.com – Program pemeriksaan kanker leher rahim (serviks) dengan metode IVA di Kelurahan Cilendek Timur Kecamatan Bogor Barat, Kamis (20/10/2016) berjalan sukses dan lancar. Dari target yang ditetapkan sebanyak 200 peserta, warga yang mendaftar jumlahnya mencapai 380 orang.
Lurah Cilendek Timur Supriadi yang ikut memantau langsung kegiatan ini mengungkapkan, ibu-ibu warga Cilendek Timur sangat antusias mengikuti program ini. Terbukti sejak dibukanya pemeriksaan pada pukul 08.30 hingga pukul 12.05 WIB, jumlah warga yang sudah mengikuti pemeriksaan sebanyak 218 sementara pendaftar mencapai 273 orang. Masih ada sekitar 55 peserta yang belum diperiksa.
Mengingat keterbatasan tenaga medis, pihaknya membatasi pemeriksaan sampai pukul 13.00 WIB. Diharapkan sisa waktu yang tinggal 50 menit lagi bisa melayani 55 warga yang belum mendapat pemeriksaan.
Supriadi menambahkan, ke 55 warga ini pun belum tentu bisa diperiksa, karena untuk bisa mengikuti pemeriksaan mereka harus memenuhi beberapa persyaratan. Pertama tidak sedang menstruasi dan sehari sebelum pemeriksaan tidak boleh melakukan hubungan suami isteri. “Tadi juga kami mendapati ada beberapa orang yang tiba-tiba menstruasi atau malamnya melakukan hubungan suami istri. Mereka terpaksa tidak diperbolehkan,” ujar Supriadi.
Suksesnya kegiatan ini menurut Supriadi tentunya tidak terlepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan. Baik oleh kader Posyandu dan PKK, RT RW, LPM dan tokoh masyarakat di Kelurahan Cilendek Timur. “Sosialisasi juga kami lakukan lewat sosmed dan WA group Ciltim Siaga serta para pengurus DKM masjid melalui pengeras suaranya. Untuk itu Pemerintah Kota Bogor menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus masyarakat, kader dan semua yang sudah bahu membahu mensukseakan program ini,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *