Rapid test kit (ilustrasi)

Ridwan Kamil: Tes Kit Corona Diprioritaskan untuk Bogor, Depok, Bekasi

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan akan memberikan prioritas tes kit corona kepada wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek). Hal ini karena tingkat kewaspadaanya lebih tinggi dibanding daerah lainnya.

“Test kit akan kita salurkan ke wilayah Bodebek. Contoh kemarin Bekasi asalnya nol jadi sembilan orang yang positif korona. Wilayah ini waspadanya lebih tinggi dan disiplin karena episentrum ada di Jakarta,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020).

Penyaluran tes kit itu, menurut Ridwan Kamil, apabila ada drop dari pemerintah pusat yang jumlahnya ribuan.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, Pemda Provinsi Jabar telah menggelontorkan dana sebesar Rp48 miliar untuk penanganan COVID-19. Setengah dari dana tersebut digunakan untuk membeli test kit dari Korea Selatan yang dinilainya lebih canggih dan cepat.

“Test kit yang digunakan Labkesda Jabar adalah tes kit yang teknologinya datang dari Korea Selatan. Tesnya menggunakan pola swab yaitu di hidung dan tenggorokan, makanya mahal karena ada dua alat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengatakan sejumlah kepala daerah di Jabar hari ini (Jumat 20 Maret 2020, Red) melakukan tes COVID-19. Mereka adalah Wali Kota Bekasi, Wali Kota Depok, Wali Kota Bandung dan Bupati Bogor.

“Saya dahulukan dulu kepada kepala daerah yang di lingkungan ada data positif, hasilnya nanti malam, besok kita umumkan, sehingga masyarakat tenang kepala daerahnya sehat seperti saya yang sudah dites sama istri dan hasilnya negatif,” ujarnya, dilansir dari Humas Pemprov Jabar. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *