Laporan Utama

Ridwan Kamil Rancang Pembentukan Patimban City Kelas Dunia

BOGOR-KITA.com, KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Riwan Kamil tidak ingin menyia-nyiakan kehadiran Pelabuhan Patimban dan segala fasilitasnya. Alumni ITB yang mantan Walikota Bandung itu sedang merancang membangun Kota Patimban atau Patimban City kelas dunia sebagai support system Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang yang kini hampir rampung.

Gagasan itu disampaikan Ridwan Kamil dalam Rapat Persiapan Tahap Pertama Pengoperasian Pelabuhan Patimban bersama Menteri Perhubungan Republik Indonesia melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (5/11/2020).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menjadikan Patimban City (Kota Patimban) sebagai support system Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.

Baca juga  Covid-19 Makin Tak Terkendali, Bima Arya Minta Pusat Keluarkan Kebijakan Lebih Ketat

Menurut Gubernur, usulan tersebut sesuai prinsip Pemda Provinsi Jawa Barat untuk menghadirkan sustainable development dalam pembangunan di Jawa Barat, di mana nantinya pusat pertumbuhan tidak hanya sebagai tempat mencari nafkah, tetapi juga dilengkapi tempat tinggal, rekreasi, kesehatan hingga pendidikan.

“Kami ingin menghadirkan kota baru yang sementara ini disebut Kota Patimban di Subang ini. Skenario kami, dalam 10-15 tahun akan hadir 1 juta penduduk di luas 5 ribu hektare,” ucap Kang Emil.

Gubernur mengaku, pihaknya sedang mendesain 5 ribu hektare per hari ini, sehingga nanti sepertiganya adalah area supporting system kepada industri pelabuhan dan dua per tiganya futuristic city di mana ada hunian, rekreasi dan tata guna lahan yang sifatnya campuran.

Baca juga  Perkuat 3T dan 5M untuk Cegah Omicron Masuk Jabar

“Usulan sejak awal pembangunan ini menjadi bagian dalam upaya Pemda Provinsi Jabar untuk mendukung program pemerintah pusat dengan menyempurnakan sebuah kawasan menjadi kawasan perkotaan kelas dunia yang modern,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, karena rencana Patimban City ini dari nol, oleh karenanya akan hadirkan secara maksimal, sehingga ini menjadi kota pelabuhan tercanggih, terbaik, melengkapi (Pelabuhan) Patimban yang didesain terbesar dan tercanggih juga.

“Pesan kepada masyarakat bahwa ini pembangunan lahir batin, tidak hanya ekonomi pelabuhan saja, tapi juga ada fungsi alun-alun, pendidikan, masjid agung, rekreasi, landmark dan lainnya,” tuturnya.

Gubernur juga berharap, pemerintah pusat bisa mendukung infrastruktur konektivitas maupun tata ruang dari Pelabuhan Patimban ke wilayah sekitarnya sehingga pembangunan pelabuhan tersebut bisa memberikan manfaat regional sehingga industri kecil pun bisa menikmati peluang ekonomi yang ada.

Baca juga  Tren Pasien Meninggal Akibat Covid-19  di Kota Bogor Meningkat

Adapun kawasan Patimban bersama Cirebon dan Kertajati (Kabupaten Majalengka) diproyeksikan menjadi “Metropolitan Rebana”. Di kawasan industri Segitiga Rebana ini, rencananya akan ada 10 hingga 12 pusat pertumbuhan baru, termasuk Patimban City yang diminati oleh investor asal Jepang. [] Admin/Jabarprov.go.id

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top