Regional

Pelabuhan Patimban Senilai Rp43,2 Triliun di Subang, Hampir Rampung

BOGOR-KITA.com, SUBANG – Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat hampir rampung. Hal ini diketahui dari keterrangan Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dalam rapat daring dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, juga hadir Bupati Subang H. Ruhimat, Kamis (5/11/2020).

Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya dan beberapa kementerian terkait bekerja sama dengan Pemda Provinsi Jabar dan Kabupaten Subang mampu menyelesaikan pembangunan tahap pertama Pelabuhan Patimban sesuai harapan di akhir November 2020. Sementara reklamasi rencananya bisa dioperasikan pada Desember mendatang.

“Sebagaimana diketahui bahwa Patimban sudah menyelesaikan reklamasi yang cukup besar pada (pembangunan) tahap pertama ini, sudah bisa dioperasikan pada bulan Desember sebagai car terminal,” kata Budi, dilansir dari jabarprov.go.id.

Baca juga  Kadiskominfo Irwan Harap PWI Jadi Wadah Pengembangan Kapasitas Wartawan

Budi kemudian menyebut pembangunan fasilitas pendukung lainnya.

Pembangunan Terminal Mobil (Car Terminal) seluas 8 hektare mencapai 92 persen dan ditargetkan selesai di akhir November 2020. Dikatakan car teminal ini memiliki dermaga berukuran 350 meter x 33 meter berkapasitas 218.000 CBU.

Kemudian, Terminal Kontainer seluas 1 hektare dengan dermaga berukuran 420 meter x 34 meter juga ditargetkan selesai pada akhir November 2020.  Dikatakan, dermaga ini berkapasitas 250.000 TEUs.

Sementara jalan akses pelabuhan dari jalan akses yang dibangun oleh Kementerian PUPR dan ramp on/off jalan akses progres sudah mencapai 99 persen.

Budi berujar, Pelabuhan Patimban adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di area seluas 369 hektare dan back up area mencapai 356 hektare dengan biaya investasi total hingga mencapai Rp43,2 triliun.

Baca juga  Senam Kabupaten Bogor Over Target Medali Porprov Jabar

Dalam rapat itu juga dibahas fasilitas jalan tol dan rel kereta api. Dalam pembahasan tersebut direncanakan akses jalan tol akan dibangun sepanjang 37,7 km yang diajukan oleh Jasa Marga akan menghubungkan akses Pelabuhan Patimban menuju Tol Cikopo-Palimanan.

Sedangkan untuk jalur rel kereta api akan dibangun sepanjang 29,8 km yang disarankan oleh Bina Marga akan menghubungkan Back Up Area Patimban menuju jalur kereta api yang sudah ada. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top