Regional

Ridwan Kamil Dorong Rebana Metropolitan Jadi Proyek Strategis Nasional

Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong pemerintah pusat agar memasukkan Rebana Metropolitan dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini disampaikan Kang Emil saat pemaparan program kota metropolitan tersebut di hadapan Menteri PPN/Bappenas RI dalam rakor virtual Penajaman Rencana Proyek Prioritas Strategis, dari Kabupaten Karawang, Rabu (24/2/2021).

Pemerintah pusat sebelumnya sudah menetapkan proyek strategis nasional melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, yan ditandatangani Presiden Jokowi tanggal 17 November 2O2O, dan diundangkan tanggal 20 November 2020.

Dalam Peraturan Presiden tersebut dilampirkan daftar ratusan proyek strategis nasional di seluruh Indonesia. Sejumlah proyek strategis nasional berada di Jabar. Dari 54 jalan tol yang ditetapkan sebagai proyek strategis nasional, sebanyak 12 di antaranya berada di Jabar. Juga ada bendungan, pelabuhan, dan lainnya.

Baca juga  Gubernur Jabar Hadiri Wisuda 2.040 Lulusan Sekolah Ibu di Kampus IPB

Dalam paparannya, Kang Emil menyatakan, Rebana Metropolitan adalah sebuah konsep futuristik yang bakal menjadi pendorong terbesar ketiga pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam hitungan Kang Emil, Rebana Metropolitan berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat hingga 7,13 persen, dengan penyerapan tenaga kerja 4,39 juta orang dan proyeksi investasi 7,77 persen pada tahun 2030.

Rebana Metropolitan adalah konsep kota kawasan yang terdiri dari 7 kabupaten kota di Jawa Barat, meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon. Kawasan ini merupakan wilayah utara atau timur laut Provinsi Jawa Barat.

Nantinya, kota metropolitan ini akan menjadi yang terbesar ketiga di Provinsi Jawa Barat setelah Metropolitan Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek) dan Bandung Metropolitan.

Baca juga  Ridwan Kamil Dorong Kepala Daerah Jadikan Rumah Dinas Tempat Vaksinasi

Jumlah penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berkisar 9,28 juta jiwa atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jawa Barat per 2019.

Disampaikan Kang Emil, mesin pertumbuhan Rebana Metropolitan nantinya berada di kawasan Pelabuhan Patimban Subang, Bandara Kertajati (BIJB) Majalengka, dan Kota Cirebon.

“Ini akan membantu (ekonomi) nasional. Sehingga saya berharap tim Bappenas menjadi quality control dalam pengembangan kawasan strategis Rebana ini,” ujar Kang Emil.

Jika Rebana Metropolitan didukung oleh Pusat, Pemprov Jabar optimistis  dapat menyumbang 1 persen pertumbuhan nasional.

Targetnya, apabila digarap secara bersama, Ridwan Kamil memperkirakan akan menghasilkan peningkatan persentase di 13 wilayah strategis nasional Cirebon, Patimban dan Rebana.

Baca juga  Ade Yasin – Ridwan Kamil Sepakat Bangun Tol BORR III Jalur Khusus Tambang

Sementara itu, selain Rebana Metropolitan, Jawa Barat juga tengah mengembangkan pembangunan Jabar selatan terutama pembangunan infrastruktur sebagai stimulus pertumbuhan dan untuk menghilangkan ketimpangan ekonomi.

Kang Emil mengaku, untuk kawasan Jawa Barat selatan ini sudah mendapat perhatian dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Pemda Jabar juga sedang mengebut pembangunan di wilayah tengah. Karena itu, pihaknya meminta pemerintah pusat ikut mengembangkan kawasan jalur tengah dengan melakukan pembangunan pelabuhan pariwisata dan food estate. [] Imam

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top