Bupati Bogor Ade Yasin dan Ketum PSSI Mochammad Iriawan alias Iwan Bule saat nonton pertandingan ujicoba Timnas U 23 melawan Timnas Iran U 23 di Stadion Pakansari Cibinong, Sabtu (16/11/2019)

Resmi Jadi Venue Piala Dunia U 20, Stadion Pakansari Harus Didukung Lima Stadion Latihan

BOGOR-KITA.com, Cibinong – Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor resmi menjadi salah satu dari enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021 pada 24 Mei-12 Juni mendatang.

Hal ini terungkap dari hasil rapat Piala Dunia FIFA U-20 2021 di Jakarta, Kamis (23/1/2020). Selain enam stadion untuk pertandingan, Indonesia sebagai tuan rumah juga diwajibkan menyediakan 30 stadion pendukung untuk lapangan latihan tim yang bertanding.

“Sesuai syarat FIFA, Indonesia juga harus menyediakan 30 lapangan latihan, karena setiap stadion utama harus dilengkapi dengan lima stadion pendukung sebagai lapangan latihan di sekitarnya,” ungkap Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto yang mengikuti rapat tersebut.

Gatot juga menyebutkan keenam stadion utama yang dipakai sebagai venue pertandingan nantinya. “Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Manala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” terang Gatot.

Baca juga  YLKI Nilai Bagasi Berbayar Berpotensi Langgar Hak Konsumen

Menurut Gatot, delegasi FIFA akan kembali datang ke Indonesia pada Maret 2020 guna melakukan inspeksi awal terhadap infrastruktur dan kelengkapan stadion.

“Oleh sebab itu diharapkan sudah ada perkembangan dari proses renovasi,” tutur Gatot.

Nantinya, setiap stadion utama dan di lapangan pendukung harus disediakan ruangan untuk video asisten wasit (VAR), sehingga memungkinkan setiap kesebelasan dapat beradaptasi dengan hal itu. Adapun semua peralatan VAR akan disediakan oleh FIFA.

FIFA juga memiliki perhatian khusus kepada jumlah penonton. Organisasi yang kini dipimpin Gianni Infantino itu menyaratkan setiap pertandingan termasuk babak penyisihan ditonton oleh 10 ribu sampai 20 ribu orang.

Menurut jadwal pada Januari 2021, FIFA akan melakukan pengundian peserta Piala Dunia U-20 dan lokakarya di Bali. [] Anto 

Enam Stadion Piala Dunia U-20 2021

Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta

Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor

Stadion Manahan di Solo

Stadion Manala Krida di Yogyakarta

Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya

Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *