Kab. Bogor

Ratusan Tagana Kabupaten Bogor Ikut BPJS Ketenagakerjaan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sebanyak 108 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bogor diikutsertakan dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSAMSOSTEK.

Secara simbolis, kartu kepesertaan diserahkan di salah satu tempat di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Sabtu (7/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Camat Cisarua Deni Humaedi, Ketua Tagana Kabupaten Bogor, H. Taopik, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bogor Eni Irawati dan Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Bogor Kota Mias Muhtar.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Bogor Kota Mias Muhtar mengatakan Tagana yang merupakan relawan sosial ini dalam melaksanakan tugasnya memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi.

Mias Muhtar menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas keikutsertaan Tagana dalam program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, kata Mias, setelah menjadi peserta BPJAMSOSTEK para anggota Tagana akan memperoleh santunan jika meninggal dunia dan jika terjadi kecelakaan kerja, biaya perawatannya gratis tanpa limit, hingga yang bersangkutan sembuh.

Santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sangat bermanfaat karena kita sebagai tulang punggung keluarga bilamana mereka mengalami risiko tadi tidak terlalu berat, karena BPJAMSOSTEK hadir untuk pekerja di samping iurannya yang relatif terjangkau, manfaatnya sangat luar biasa.

Baca juga  WFH, BPJAMSOSTEK Kota Bogor Tetap Berikan Layanan

“Selain manfaat tambahan program kecelakan kerja, terdapat beberapa peningkatan manfaat jaminan kematian di antaranya santunan kematian yang sebelumnya Rp16,2 juta meningkat menjadi Rp20 juta. Biaya pemakaman yang semula Rp3 juta menjadi Rp10 juta, santunan berkala yang semula Rp4,8 juta menjadi Rp12 juta. Sehingga total santunan sebesar Rp42 juta,” imbuh Mias.

Dengan adanya perlindungan dari BPJAMSOSTEK, para anggota relawan mampu bekerja lebih tenang dan maksimal dalam melaksanakan tugas sosialnya.

Sementara Eni Irawati mengatakan pihaknya dengan pengurus Tagana akan berkoordinasi. “Saya akan pelajari, kira kira apa nanti yang harus kita fasilitasi , apa yang harus kita lakukan,” tambah dia. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top