Ratusan Ibu Warga Menteng Ikut Deteksi Dini Kanker Serviks

Ratusan Ibu Warga Menteng Ikut Deteksi Dini Kanker Serviks

BOGOR-KITA.com Ratusan ibu-ibu berusia sekitar 20-40 tahun memenuhi halaman Kantor Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat, Senin (24/10/2016). Sejak pukul 08.00 WIB, mereka sudah antre mendaftar untuk menjadi peserta pemeriksaan kanker serviks. Pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dilakukan dengan metode IVA.
Menurut ketua TP PKK Kelurahan Menteng R. Subandini Heru, pemeriksaan dipusatkan di Kantor Kelurahan Menteng. Subandini menjelaskan, digelarnya kegiatan pemeriksaan leher rahim ini tujuannya untuk deteksi dini kanker leher rahim atau serviks dengan menggunakan metode IVA.
“Kami juga ingin mengetahui apakah ibu-ibu warga Menteng ada yang terkena kanker leher rahim atau tidak. Kalau seandainya ditemukan maka pihaknya akan merujuk untuk warga tersebut untuk segera ditindaklanjuti di Puskesmas terdekat,” ujar Subandini.
Selain melaksanakan pemeriksaan kanker serviks, pada kesempatan ini juga sekaligus dilakukan pemeriksaan payudara. Berdasarkan data petugas pendaftaran, sudah ada 250 warga yang mendaftar hingga pukul 10.50 WIB. Hal ini tentunya diluar dugaan petugas. “Walaupun jumlahnya melebihi target kami tetap akan melayani warga sampai semuanya dapat terlayani,” tandas Subandini.
Sekretaris Kelurahan Menteng Nina Rusmalina menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya dibantu petugas medis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Gg. Kelor. Sedangkan untuk bagian pendaftaran dan tugas lainnya dibantu sejumlah kader PKK dan Posyandu.
Agar pemeriksaan berjalan lancar dan ibu-ibu tidak terlalu lama menunggu pihaknya menyiapkan dua ruangan untuk pemeriksaan. Kemudian bagi ibu-ibu yang sudah selesai menjalani pemeriksaan mereka diberikan snack dan air mineral kemasan.
Melihat tingginya animo ibu-ibu warga Kelurahan Menteng yang mengikuti pemeriksaan ini, baik Nina maupun Subandini menilai warga Menteng sebagian besar sudah menyadari pentingnya deteksi dini Kanker leher rahim. “Mudah-mudahan pemeriksaan ini bermanfaat dan hasilnya tidak ditemukan warga yang positif mengidap kanker leher rahim,” tandasnya bersamaan. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *