Kab. Bogor

Rangkaian Kunjungan Kerja Ade Yasin di Caringin

BOGOR-KITA.com, CARINGIN – Bupati Bogor Ade Yasin melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Caringin, Rabu (3/11/2021). Ade Yasin meninjau beberapa titik kegiatan pembangunan infrastruktur desa melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) sepanjang 12.370 meter atau 12,37 kilometer, yang tersebar di 11 Desa se-Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Sekaligus meresmikan secara simbolis jalan Samisade di tiga Desa yakni Desa Ciherang Pondok, Desa Cimande Hilir dan Desa Lemah Duhur ditandai dengan pengguntingan pita.

Kemudian Ade Yasin menyerahkan bantuan Rutilahu secara simbolis Rp15 juta per rumah kepada 12 orang perwakilan dari 12 desa di Kecamatan Caringin. Ade Yasin juga meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Desa Lemah Duhur, peninjauan Podcast dengan Komandan Nakes AL di Kantor Desa Lemah Duhur, dan diakhiri dengan penandatanganan Prasasti Samisade 11 desa di Kecamatan Caringin.

Peninjauan Program Samisade Kecamatan Caringin

Ade Yasin menjelaskan, program yang dirumuskan dalam Pancakarsa salah satunya adalah Bogor Membangun, yaitu bagaimana membangun Kabupaten Bogor jadi maju. Salah satu sasarannya adalah desa-desa, dimana semua jalan desa harus dibangun betonisasi jalan, untuk mempermudah aksesibilitas perekonomian seperti memasarkan hasil pertanian dengan jarak tempuh yang lebih cepat dan bisa diakses oleh kendaraan roda empat.

“Dari situ timbul lah program visi-misi yang salah satunya adalah desa membangun. Dengan cara membangun infrastruktur desa melalui program Samisade, seperti betonisasi jalan, irigasi, MCK, menara selular untuk desa yang blank spot. Program Samisade ini kita lakukan dengan padat karya dan gotong-royong untuk membantu perekonomian masyarakat desa akibat pandemi Covid-19, karena banyak sekali masyarakat yang kehilangan karena pandemi. Jadi 416 desa serentak membangun, dengan begitu Indeks Desa Membangun kita nanti akan tinggi. Mudah-mudahan indek kepuasaan masyarakat meningkat, ekonomi menjadi tinggi, karena dampak Samisade ini luar biasa,” tandasnya.

Baca juga  Ade Yasin Sambut 100 Nakes dari Mabes TNI AD Percepat Vaksinasi di 4 Kecamatan

Penyerahan Bantuan Sosial Rutilahu

Pada kesempatan ini, Ade Yasin juga meninjau langsung lokasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sekaligus memberikan bantuan secara simbolis 15 juta per rumah kepada 12 orang perwakilan dari 12 Desa di Kecamatan Caringin. Ade Yasin menjelaskan, secara keseluruhan program rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten yang tersebar di 40 Kecamatan dan 409 Desa dengan total 2.000 unit rehabilitas RTLH dengan anggaran 15 juta rupiah per rumah.

“Total penerima bantuan sosial Program Rehabilitasi Rutilahu di Kecamatan Caringin tahun 2021 sebanyak 60 Kepala Keluarga. Hari ini kita serahkan bantuan secara simbolis sebesar 15 juta per rumah kepada 12 Kepala Keluarga,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Bogor menyatakan, setiap tahun ia akan terus menggulirkan bantuan rehabilitasi Rutilahu untuk masyarakat yang tidak mampu yang kondisi rumahnya rusak. “Kita perbaiki dengan dana 15 juta per rumah,” cetus Ade Yasin.

Baca juga  Bupati Bogor: Masyarakat Besok Bisa Salat Jumat

Peninjauan Vaksinasi di Desa Lemah Duhur

Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan bahwa berdasarkan catatan terakhir capaian vaksinasi di Kabupaten Bogor sampai dengan siang ini sudah mencapai 50,80%. Itu diungkapkan Bupati Bogor usai melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Caringin, Rabu (3/11/2021).

“Targetnya bulan ini kita kejar di awal November 50% sudah harus selesai, jadi Desember mudah-mudahan bisa mencapai 70%. Kemarin juga kita dibantu dengan TNI AL yang baru masuk, sebelumnya TNI, Polri juga bersama-sama membantu percepatan vaksinasi. Kerjasama ini menambah semangat kita dan Tenaga Kesehatan yang lain untuk turun ke pelosok-pelosok, mudah-mudahan kerja keras ini bisa menurunkan level dari 3 jadi level 2,” ungkap Bupati Bogor.

Menurut Ade Yasin, percepatan capaian vaksinasi juga dilakukan setiap hari di tingkat desa agar target 70% bisa tercapai, sehingga semua kegiatan bisa kembali seperti semula dan ada kelonggaran untuk dunia usaha, agar perekonomian lebih cepat pulih dan tumbuh.

Podcast Bupati Bogor bersama Komandan Nakes AL di Kantor Desa Lemah Duhur.

Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan bahwa, masyarakat sangat “welcome” dengan kehadiran bapak-bapak dari TNI AL dan memang Kabupaten Bogor ini dengan penduduknya yang paling banyak se-Indonesia, luas wilayahnya juga yang lumayan besar, dan vaksinasi terbesar se-Kabupaten adalah di Kabupaten Bogor, sehingga ia harus mengejar ketertinggalan dari wilayah kota, karena secara persentase Kabupaten Bogor jumlahnya paling banyak se-Indonesia.

Baca juga  Pelantikan Presiden, Ade Yasin : Masyarakat Tak Usah ke Jakarta

“Alhamduliilah kita sudah melewati 50%. Kita harus mengejar ketertinggalan yang ada di wilayah-wilayah, karena di sini kan banyak desa yang di pedalaman. Peran TNI di sini sangat diperlukan, vaksinasi ini tidak akan diselesaikan oleh Pemerintah Daerah tanpa dibantu oleh TNI, Polri, dan masyarakat lain seperti organisasi masyarakat, OKP, dan lembaga-lembaga yang memang banyak membantu, mudah-mudahan kita sudah bisa level 2,” terang Bupati Bogor.

Ade Yasin berharap, anggota TNI nyaman dan betah bertugas di Kabupaten Bogor, ia menilai satu bulan merupakan waktu yang singkat bila perlu diperpanjang kerjasama percepatan vaksinasi dengan TNI. “Kita ingin percepatan vaksinasi ini, mudah-mudahan mencapai 70% di bulan Desember. Ketika sudah 70% kita akan banyak mendapat kelonggaran sehingga perekonomian kembali akan naik. Terima kasih kepada TNI AL yang banyak membantu kami,” tuturnya.

Selanjutnya Komandan Nakes TNI AL, Letkol Rudi N. menyampaikan bahwa timnya tersebar di 35 kecamatan untuk melakukan vaksinasi di pedalaman desa-desa. “Saya sudah kunjungi mereka, medannya turun-naik, jarak tempat tinggal mereka jauh dari kantor desa, sehingga kita melakukan strategi baru yaitu jemput bola, yang menyebabkan animo masyarakat untuk divaksin meningkat. Tugas vaksinasi ke depan tidak akan terhenti sampai disini saja,” pungkasnya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top