Rakyat Amerika Antusias Jadi Sukarelawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – Amerika Serikat tengah berusaha keras membantu ditemukannya vaksin Covid-19 yang efektif untuk meredam pandemi ini. Tak cuma pemerintah setempat yang antusias, warga Amerika Serikat juga punya keinginan yang sama.

Terbukti, untuk beberapa uji klinis tahap ketiga kandidat vaksin Corona pada Agustus 2020 ini, mereka hanya membutuhkan 30.000 sukarelawan. Namun masyarakat yang mendaftar membludak sampai 150.000 orang.

Jumlah peminat yang tinggi itu membuktikan bahwa warga Amerika Serikat menaruh harapan besar terhadap uji coba vaksin Covid-19 ini. Meskipun masih belum ada jaminan vaksin tersebut sangat fektif untuk memerangi Covid-19.

Menurut BioPharma-reporter.com, Kamis (30/7/2020), pihak Moderna telah melakukan vaksinasi di Savannah, Georgia, AS. Uji klinis mereka jalani di beberapa wilayah tersebut dengan masing-masing tempat mendapatkan jatah tujuh lusin.

Vaksin Covid-19 buatan Universitas Oxford yang bekerjasama dengan AstraZaneca juga tengah melakukan uji klinis di Amerika dan Inggris. Sedangkan vaksin Covid 19 yang dibuat Sinivac Cina diuji klinis di Kanada, Brasil, Pakistan dan Indonesia.

Sementara vaksin Covid 19 yang tengah dikembangkan Johnson & Johnson akan diuji klinis tahap ketiga pada bulan September dan Novavax pada bulan Oktober. Di sisi lain, pemerintah Amerika juga menggalang kerjasama dengan Pfizer Inc. deri Jerman yang juga mengembangkan vaksin Covid-19.

Pemerintah Amerika melalui Covid-19 Prevention Network berharap dari uji klinis 30.000 sukarelawan ini nantinya diharapkan dapat ditemukan vaksin Covid 19 yang efektif. Sehingga dapat diproduksi secara massal mulai Januari 2021. [] Anto 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *